Kunker di Jepang, Bupati Minahasa Tinjau Pengelolaan Danau Teganuma dan Danau Ashinko

TONDANO, (manadotoday.co.id) – Dalam rangkaian kunjungan kerja di Negara Jepang, Bupati Minahasa Drs. Jantje Wowiling Sajow MSi (JWS), meninjau pengelolaan Danau Teganamu dan Danau Ashinoko di wilayah Akone Jepang, Kamis (18/6/2015), waktu setempat.

Sajow bersama rombongan termasuk didalamnya Rektor Unsrat Prof Dr Ellen Kumaat, meninjau Danau Teganuma yang dulunya mengalami kerusakan.

Sesuai penjelasan Mr Kousuke Yamada, masyarakat tak bisa beraktifitas di danau tersebut, lantaran air berminyak. Selain itu, ikan-ikan mati dan terdapat limbah yang banyak.

“Tetapi saat ini Danau tersebut sudah bersih dan tertata baik,” ucap Yamada.

Sementara menurut Sajow, pihaknya akan coba melakukan penataan dua danau tersebut di danau Tondano. Selain itu, dalam penandatanganan Joint Deklaration dengan Presiden & CEO IDEA Consultants Inc Dr Eng Hideo Tabata dan pelaksanaan Workshop, memutuskan pada minggu pertama Tim IDEA yakni konsultan yang sudah berpengalaman di bidang lingkungan laut dan danau di dunia, akan melakukan survei ke Minahasa dengan menurunkan empat orang ahli guna meninjau pelestarian danau Tondano.

Lanjut Sajow, kunjungan tim IDEA di Minahasa nanti, akan melakukan survei di 3 lokasi dan mengangkat 3 isue lingkungan yaitu Danau Tondano, Kumu sampai Arakan untuk melihat budidaya Ikan Duyung “dugong” dan wilayah pesisir pantai Kora-Kora hingga pantai Makalisung.

“Hasil survei Tim IDEA di Minahasa akan dibahas di Jepang, dan digelar Workshop lanjutan pada Oktober 2015, selanjutnya jika semua berjalan dengan baik segera di lakukan MoU,” terang Sajow. (rom)