Kansil Buka Olimpiade OSN Tingkas SMP Provinsi Sulut

 

SULUT, (manadotoday.co.id) – Wakil Gubernur Sulawesi Utara (Sulut) DR. Djouhari Kansil MPd, membuka pelaksanaan Olimpiade Olahraga Siswa Nasional (0SN) tingkat SMP se Provinsi Sulut, yang dilaksanakan di SPN Karombasan Manado. Kegiatan yang digelar Diknas Provinsi Sulut, Kamis (4/6/2015).

Kegiatan bekerjasama dengan Sekolah Polisi Negara (SPN) Karombasan ini, diikuti 780 peserta yang berasal dari 15 Kabupaten/Kota se- Sulut.

Dalam sambutannya, Kansil mengatakan tujuan dari kegiatan ini adalah untuk membentuk sikap mental generasi muda anak-anak bangsa yang ada di daerah, sehingga bisa memiliki karakter yang baik, sebagaimana program Presiden Jokowi dalam nawa cita kedelapan yang menjadikan prioritas revolusi mental di Indonesia.

“Untuk pembentukan mental, disiplin adalah kuncinya,” jelas Kansil.

Lanjutnya, sama seperti adik-adik yang telah terpilih mewakili daerah untuk mengikuti olimpiade ini, jika tidak disiplin tentu tidak akan terpilih. Karena itu, selama berlangsungnya pertandingan ini, Kansil minta tiga hal yaitu bangun kebersamaan dan kekompakan diantara sesama atlit, saling menghargai serta mampu menjunjung tinggi sportivitas antara satu dengan yang lain.

Kepala Dinas Pendidikan Nasional (Diknas) Sulut Asiano G Kawatu MSi mengatakan, cabang olahraga yang dipertandingkan meliputi, atletik, renang, bola volly (pa/pi), bulutangkis, karate, silat, catur dan tenis meja.

“Olimpiade ini akan berlangsung selama empat hari,” ujar Kawatu. (ton)