Yang Boleh dan Tidak Boleh Dilakukan Pada Luka Bakar

(foto: pixabay)

ManadoToday – Luka bakar adalah cedera pada jaringan tubuh yang dapat disebabkan oleh gesekan, panas, listrik, dll. Jika seseorang mendapat luka bakar langkah pertama yang harus diambil adalah untuk membedakan apakah itu luka bakar ringan dari berat.

Jenis luka bakar:

Tergantung pada kedalaman, luas dan daerah yang terbakar dapat diklasifikasikan ke dalam beberapa kategori:

Luka bakar tingkat pertama – Ini adalah luka bakar yang tidak terlalu serius yang terkena hanya pada lapisan luar kulit. Luka bakar ini membuat kulit memerah, biasanya disertai plak putih dan rasanya tidak terlalu sakit.

Luka bakar tingkat dua – Jika luka bakar melewati permukaan kulit dan mempengaruhi lapisan kulit di bawahnya (dermis), cedera tersebut diklasifikasikan sebagai luka bakar tingkat kedua. Ini umumnya karena sengatan matahari yang parah atau luka bakar yang disebabkan oleh cairan panas. Derah yang terkena akan berwarna kemerahan dan mengalami pelepuhan. Nyeri tergantung pada saraf mana yang terkena.

Luka bakar tingkat tiga – Ini adalah jenis paling serius dari luka bakar. Ini mengakibatkan kerusakan pada lapisan kulit luar bersama dengan kerusakan pada jaringan di bawahnya. Kulit tampak berubah warna dengan permukaan yang kering. Umumnya tidak akan ada rasa sakit karena sarafnya kebanyakan sudah hancur. Mereka yang terkena luka bakar tingkat tiga memerlukan perawatan darurat

Pertolongan pertama pada luka bakar:

– Dalam kasus luka bakar ringan baik tahan area yang terbakar di bawah air yang mengalir atau celupkan ke air dingin selama lima sampai sepuluh menit

– Dinginkan luka bakar sesegera mungkin untuk mengurangi pembengkakan

– Setelah didinginkan segera tutup luka bakar dengan kapas steril

– Ambil obat penghilang rasa sakit yang tepat jika tersedia

– Konsultasikan dengan dokter sesegera mungkin

Yang harus diketahui

– Jangan pernah memberikan es ke daerah yang terkena

– Jangan menekan daerah yang terkena

– Gunakan kapas yang steril untuk menutupi luka

– Jangan berikan salep apapun karena dapat memperlambat proses penyembuhan

– Jangan memecahkan lecet

– Jangan lepaskan pakaian yang terbakar. (artikel dikutip dari healthcaremagic)