SHS Minta Pemkot Bitung Maksimalkan Persiapan KEK

SULUT, (manadotoday.co.id) – Gubernur Sulawesi Utara (Sulut) DR. Sinyo Harry Sarundajang (SHS), meminta Pemkot Bitung termasuk stakeholders terkait lainnya, untuk memaksimalkan persiapan pembangunan Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) di Bitung.

Gubernur S.H. Sarundajang, Walikota Hanny Sondakh, serta pejabat Pemprov Sulut dan Pemkot Bitung, meninjau kesiapan lokasi pembangunan KEK Bitung

Dikatakan dia, sudah banyak investor yang melirik lahan KEK Bitung. Tentunya untuk mewujudkan percepatan KEK, harus dipacu sejak dini.

“Kesiapan KEK harus dimaksimalkan sebagai mana mestinya. KEK tak akan terwujud jika tindakan pemerintah daerah dan stakeholder lainnya, masih tak serius dan terus menunda-nunda. Ini sesuai arahan Presiden RI Joko Widodo,” ujar SHS, dalam pertemuan dengan Pemkot Bitung dibawa pimpinan Walikota Hanny Sondakh, serta tim kerja KEK yakni sejumlah pejabat Provinsi Sulut dan Pejabat Pemkot Bitung.

Lanjut SHS selaku Ketua Dewan KEK Provinsi Sulut, Pemprov Sulut dan Pemkot harus saling berkoordinasi dengan bekerja secara cepat dan melengkapi data-data pendukung yang jadi persyaratan. Apalagi terkait berbagai data harus detail dan bisa melampirkan foto terbaru tentang lokasi KEK juga kawasan pelabuhan IHP serta keterangan jelas, kemudian nantinya akan ada tim nasional KEK yang akan meninjau serta kunjungan investor kedepan.

“Percepatan kesiapan termasuk persyaratan tentang pembangunan KEK, mulai dari segi luas area, reklamanasi dan kedalaman laut, serta pembebasan lahan, pasokan listrik, dan sebagainya,” tegas SHS.

Ditambahkan dia, tim kerja dimintakan agar tak main-main dalam persiapan KEK. Tim dan dinas terkait agar membuktikan keseriusannya dan melakukan aksi di lapangan berdasarkan tupoksinya masing-masing, sehingga terjadi sinkronisasi kegiatan.  “Marilah terus berkolaborasi dan terus berusaha sekuat tenaga menjadikan Bitung sebagai KEK,” ingat SHS.

Walikota Bitung Hanny Sondakh dalam pertemuan itu, mengatakan Pemkot Bitung sudah siap dan sementara melakukan pengkajian dalam memenuhi dan melengkapi persyaratan dalam percepatan KEK.

“Saat ini data pendukung tersebut sudah lengkap tinggal evaluasi lagi, terutama pembebasan lahan dan segi teknis lainnya, jika hal ini telah teratasi maka tahapan pembangunan segera dimulai”. “kata Sondakh.

Usai rapat, Gubernur SHS bersama rombongan pejabat Provinsi Sulut, didampingi Hanny Sondakh serta Wakil Walikota Bitung M.J Lomban, Sekretaris Kota Bitung Drs, Edison Huming, dan sejumlah Pejabat Pemkot Bitung, melakukan pemantauan lapangan dititik area KEK guna meneliti kedalaman laut dan area reklamasi. (ton)