Cara Ampuh Melawan Kelelahan

(foto: pixabay)

ManadoToday – Kelelahan adalah hal umum yang dapat terjadi pada orang-orang yang sudah dewasa, yang sudah berumah tangga ataupun sudah bekerja, tidak jarang juga menimpa para remaja.

Kelelahan kerap kali disebabkan karena meningkatnya tuntutan keluarga, tuntutan pekerjaan, kurang tidur dan pola makan yang buruk. Jika dibiarkan terlalu lama, kelelahan dapat menyebabkan penurunan aktivitas mental dan juga sifat lekas marah.

Untuk menghindari hal-hal ini, ada baiknya anda membaca tips-tips mencegah kelelahan dibawah ini:

– Hindari melewatkan sarapan pagi. Jika anda melewatkan sarapan, anda cenderung akan merasa lesu sepanjang hari dan tingkat energi akan menurun dengan drastis.

– Minum banyak air: Dehidrasi ringan dapat membuat jantung bekerja lebih keras karena darah akan mengental jika pasokan air tidak memadai.

– Napas pendek: Ambil napas dalam-dalam untuk meningkatkan pasokan oksigen ke tubuh.

– Jika anda mengalami kelelahan dalam waktu yang lama, periksa darah anda jikalau mengalami penurunan hemoglobin dalam darah. Hal ini menyebabkan tingkat energi menurun.

– Berolahraga secara teratur: Berolahraga selama sekitar 30-45 menit selama setidaknya 5 kali dalam seminggu.

– Mengendalikan stres dengan latihan pernapasan dan teknik meditasi.

– Tidur yang cukup setiap hari, setidaknya 8-9 jam per hari.

– Mengambil kelas manajemen stres untuk mengurangi tingkat stres: Belajar berbagai teknik untuk mencegah stres dalam kehidupan sehari-hari. Pelajari metode relaksasi dan teknik pernapasan jika anda mengalami stres.

– Makan diet seimbang yang memiliki semua nutrisi, karbohidrat, protein, kalsium dan potasium. Perlu diketahui kekurangan nutrisi dapat menyebabkan kelelahan kronis.

– Minum banyak jus buah.

– Ambil lemon tea, teh hijau, bukan kopi dan teh biasa.

– Hindari merokok, konsumsi alkohol.

– Hindari metode penurunan berat badan yang salah.

– Hindari makan berlebihan.

– Hindari menggunakan obat tidur dalam jangka panjang.