Sulut Peringat Enam Nasional Peningkatan Kesejahteraan Rakyat

SULUT, (manadotoday.co.id) – Komitmen ‘Golden Triangle’ Sulawesi Utara (Sulut) yakni Gubernur DR. S.H. Sarundajang, Wakil Gubernur DR. Djouhari Kansil, dan Sekdaprov Ir. S.R. Mokodongan untuk meningkatkan kesejahteraan rakyat Sulut, patut mendapatkan apresiasi.

Salah satu buktinya, Provinsi Sulut berada di peringkat enam tingkat nasional, dan menjadi provinsi terbaik wilayah Indonesia Timur dalam rangka peningkatan kesejahteraan rakyat.

“Prestasi ini tak lepas dari peran aktif seluruh stakeholders, baik di tingkat provinsi maupun kabupaten dan kota,” ujar Kepala Biro Kesejahteraan Rakyat Setdaprov Sulut dr. Bahagia R Mokoagow, Msi, M.Kes, ketika memimpin rapat evaluasi program kegiatan Biro Kesra Sulut, Selasa (21/4/2014).

Dijelaskan dia, Sulut juga memiliki prestasi sebagai daerah tertinggi di wilayah Indonesia Timur, untuk Indeks Kesejahteraan Rakyat (Ikrar) Tahun 2014 lalu. Indeks kesejahteraan rakyat ini, bertujuan mengukur tingkat kesejahteraan rakyat indonesia, yakni keberhasilan pembangunan yang inklusif, dan ketersediaan akses terhadap pemenuhan hak dasar rakyat, aspek keadilan sosial, keadilan ekonomi, serta aspek demokrasi dan tata kelola.

“Dalam penghitungan Ikrar menggunakan data dari hasil kerjasama antara BPS dan Kemenko Kesra tentang penyediaan dan pemanfaatan data pengukuran kesejahteraan rakyat, kita menjadi peringkat enam tingkat nasional,” tandas Bahagia lagi.

Ditambahkannya, oleh karena itu diharapkan kedepan supaya seluruh pihak untuk lebih giat lagi bekerja, proaktif dan inovatif dalam menciptakan program untuk meningkatkan kesejahteraan rakyat.

Diketahui, rapat tersebut diikuti Kabag Pengembangan Tenaga Kerja dan Penanggulangan Kemiskinan Ch. Sondakh,SH, Kabag Pengembangan Pendidikan dan Kesehatan Jongky Lasut, SH, Kabag Pengembangan Fasos dan Keagamaan Drs. Hendrik Rondonuwu Msi, Kabag Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak dan KB J.M Sondakh SE, serta pegawai Biro Kesra Setdaprov Sulut. (ton)