Presiden Jokowi Kagum dengan Terobosan Gubernur Sulut

Gubernur Sarundajang ketika mendampingi Presiden Jokowi saat melakukan kunjungan ke Tiongkok

BEIJING, (manadotoday.co.id) – Presiden Republik Indonesia Joko Widodo (Jokowi), memberi apresiasi dan kagung terhadap terobosan Gubernur Sulawesi Utara (Sulut) DR. Sinyo Harry Sarundajang (SHS).

Hal itu disampaikan Jokowi, ketika melakukan briefing dengan Sarundajang, di St. Regis Hotel, Beijing, terkait kesiapan Pemprov Sulut menyambut investasi dari Tiongkok khususnya pengembangan kawasan industri di Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Bitung – Minahasa Utara (Minut), terkait pembangunan infrastruktur jalan tol, industri perikanan, dan agroindustri.

Menurut Jokowi, kalau bisa ground breaking pembangunan kawasan industri dipercepat dan dilaksanakan pada bulan Mei Tahun 2015 ini.

“Kalau semua Gubernur di Indonesia seperti Pak Sarundajang, saya yakin kita banyak berhasil dalam percepatan pembangunan nasional,” puji Jokowi.

Diketahui, sebelumnya Jokowi merasakan publik transportasi di Beijing, dengan menggunakan kereta api di Dongzhimen Subway Station. Didampingi Menko Perekonomian Sofyan Djalil, Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Rini Soemarno, Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) Franky Sibarani, Gubernur Sarundajang, dan President of China Railway Sheng Guangzu, Jokowi melakukan uji coba dan kagum menyaksikan pesatnya kemajuan sistem transportasi massal di Beijing, Tiongkok.

Transportasi masal Kereta Ekspres Bandara dari stasiun kereta bawah tanah (subway) Dongzhimen menuju Bandara Internasional Capital, yang ditempuh selama 25 menit.

Sementara Gubernur Sarundahang, menyampaikan Pemprov Sulut sendiri telah menjalin kerja sama sinergis dengan investor Tiongkok untuk membangun jaringan kereta api dari Makassar ke Manado dan kota lainnya di Sulawesi Region.

“Keberadaan jalur kereta api di Manado sudah sangat mendesak. Ini menjadi salah satu solusi mengatasi kemacetan,” kata Sarundajang.

Ditambahkan Sarundajang, agenda pertemuan untuk Jumat (27/3/2015) hari ini, akan menandatangani MOA (Memorandum of Agreement) dengan BUMN Tiongkok – CCCC (China Communication Construction Company) setelah beberapa waktu lalu tetalah ditandatanagai Memorandum of Understanding (MoU) investasi pengembangan Infrastruktur di Kawasan Ekonomi Khusus, dan akan disaksikan langsung oleh Presiden RI Jokowi bersama Presiden Xi Jinping di Great Hall of People.

Selain itu, Sarundajang bersama rombongan pejabat Pemprov Sulut yakni Asisten Bidang Pembangunan dan Perekonomian Sanny Parengkuan, Kepala Bappeda Roy Roring, Kadis Perindag Jenny Karouw, Karo Ekonomi Jane Mendur, Karo Hukum Marsel Sendoh, dan Staf Khusus Gubernur Bidang Perencanaan Pembangunan Franky Manumpil, akan ke Naning City, sebagai kota Expo. (ton)