Tomohon Ikut Penilaian Kota Cerdas

TOMOHON, (manadotoday.co.id)—Kota Tomohon terpilih dari 45 kota di Indonesia yang masuk dalam penilaian Kota Cerdas 2015. Selasa (24/3/2015), Walikota Tomohon Jimmy F Eman SE Ak menghadiri peluncuran Indeks Kota Cerdas Indonesia 2015 yang dilakukan oleh Wakil Presiden RI Hi Jusuf Kalla di Jakarta Convention Center.

Kota cerdas adalah kota yang menggunakan teknologi digital untuk menunjukkan performance dalam pelayanannya, mengurangi biaya dan pemakaian konsumsi serta lebih terlibat aktif dan efektif dengan warganya.

Sementara kriteria penilaian Kota Cerdas terdiri dari tiga komponen yaitu Smart Ekonomy (pintar dalam ekonomi, Smart Society (pintar dalam masyarakat) dan Smart Environment (pintar dalam lingkungan). Hal ini untuk mencermati kondisi terkini dimana pada beberapa dekade lalu, banyak kota di Indonesia masih nyaman dijadikan tempat tinggal. Sekarang, jumlah penduduk dan kendaraan meningkat pesat. Secara global, penduduk dunia sekarang ini sekitar 7 miliar jiwa, separuhnya hidup di perkotaan. Pada 2050 diperkirakan sebanyak 9,6 miliar orang hidup di kota. Sementara pada 2025, diperkirakan 57 persen penduduk Indonesia tinggal di perkotaan. Peningkatan jumlah penduduk ini membuat kebutuhan sumber daya di kota meningkat, baik itu transportasi, energi, pengelolaan sampah, maupun lingkungan. Atas dasar itu, kota memerlukan pengelolaan yang lebih baik.

Dari sisi lingkungan, kota cerdas memiliki tempat tinggal layak huni, sehat, hemat dalam penggunaan energi serta pengelolaan energi dengan dukungan layanan teknologi informasi dan komunitas, pengelolaan dan peran SDM yang baik. Sementara dari sisi sosial, kota cerdas adalah masyarakat yang memiliki keamanan, kemudahan dan kenyamanan dalam melakukan interaksi sosial dengan sesama masyarakat ataupun pemerintah.

Acara Peluncuran Indeks Kota Cerdas Indonesia 2015 ini dihadiri oleh 98 Walikota. Hadir pula beberapa jajaran Menteri Kabinet Indonesia Hebat, di antaranya Menteri Komunikasi dan Informatika Rudiantara, Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional Andrinof Chaniago, Menteri PU dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimuljono, Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo dan Menteri ESDM Sudirman Said, sebagai pembicara. Walikota Tomohon didampingi Kepala Dinas Perhubungan, Komunikasi dan Informatika (Hubkominfo) Steven Waworuntu SSTP dan Kabag Humas dan Protokol Fransiskus F Lantang SSTP.

‘’Kami berharap melalui penilaian Kota Cerdas ini, Tomohon bisa menjadi lebih baik dan menjadi salah satu daerah yang diperhitungkan di Indonesia. Tentunya, ini butuh dukungan penuh dari seluruh masyarakat Kota Tomohon,’’ tukas walikota. (ark)