Pemkot Tomohon Gelar Pelatihan Kewirausahaan Mikro/Kecil

Wali Kota Tomohon Jimmy Feidie Eman SE Ak CA saat memberikan sambutan

TOMOHON, (manadotoday.co.id)—Pemerintah Kota (Pemkot) Tomohon terus menunjukkan kepeduliannya terhadap kesejahtreraan masyarakat. Salah satunya menggelar pelatihan kewirausahaan usaha kecil/mikro bertempat di Aula Nawanua Merons Kelurahan Kinilow Satu Tomohon Utara Rabu (9/9/2020).

Kegiatan yang dilaksanakan Dinas Koperasi dan UMKM Kota Tomohon tersebut dibuka Wali Kota Tomohon Jimmy Feidie Eman SE Ak CA. Dalam sambutannya, Eman mengatakan  bahwa pilihan dalam mengatasi persoalan tenaga kerja, antara lain adalah membuka lapangan wirausaha dan memasyarakatkan kewirausahaan melalui pelatihan.

‘’Saat ini jumlah wirausahawan di Indonesia masih sedikit. Untuk itu, perlu ada kegiuatan seperti ini untuk merangsang masyarakat menjadi pelaku usaha. Pemerintah pusat maupun pemerintah daerah berupaya mengalokasikan anggaran lewat APBN dan APBD untuk program pelatihan semacam ini,’’ kata Eman.

Berada di situasi Pandemi Covid-19, wali kota mengatakan memang sangatlah sulit. Tapi, sebagai pemeirntah tentunya mempunyai kewajiban untuk mensejahtrerakan masyarakat, salah satunya lewat pelatihan kewirausahaan.

Pembuatan souvenir merupakan salah satu usaha yang memiliki prospek bagus, mengingat para wisatawan mancanegara banyak yang mencari souvenir ketika berwisata di daerah ini.

‘’Lokasi pariwisata di Kota Tomohon makin banyak. Tentunya, membuka peluang bagi wirausahawan untuk menarik penghasilan dari souvenir,’’ tukas wali kota.

Sebagai narasumber, Kabid Restrukturisasi Usaha Dinas Koperasi Usaha Kecil dan Menengah Daerah SulutIr Victory Palar MSi, Ketua Lembaga Pelatihan GM Art Gian Mansa. Turut hadir Pelaksana Tugas Kepala Dinas Koperasi Usaha Kecil dan Menengah Daerah Kota Tomohon Drs Octavianus DS Mandagi. (ark)