Petani Sulut Sambut Positif Program CEP-SSL Angkat Harga Cengkih dan Kopra

Petani Sulut Sambut Positif Program CEP-SSL Angkat Harga Cengkih dan Kopra

AMURANG, (manadotoday.co.id) – Petani di Sulut yang selama ini terpuruk akibat anjloknya harga sejumlah komodi andalan, seperti cengkih dan kopra menyambut baik program yang ditawarkan Christiany Eugenia Paruntu (CEP) dan Sehan Salim Landjar (SSL) bila dipercayakan rakyat Sulut menjadi Gubernur dan Wakil Gubernur Sulut periode 2020-2025 dalam Pilkada serentak 9 Desember 2020 mendatang.

Salah satu program prioritas Calon Gubernur dan Wakil Gubernur Sulut CEP-SSL yakni, menggerakkan ekonomi daerah melalui pemberdayaan sektor pertanian dan UKM sesuai kebutuhan masyarakat Sulut saat ini. Sebab, sektor pertanian merupakan tulang punggung sebagian besar masyarakat Sulut.

‘’Sebagian besar rakyat Sulut masih menggantungkan pendapatan dari pertanian. Sehigga ketika harga komoditi pertanian anjlok seperti kopra dan cengkih dalam beberapa tahun terakhir ini, maka pendapatan petani juga turun,’’ tutur Frangky Aldy. M, petani asal Minsel.

Hal yang sama juga dikatakan, J. Worotitjan, petani asal Minahasa. Menurutnya, dalam beberapa tahun terakhir ini petani cengkih dan kelapa dalam keadaan terpuruk.

‘’Kita sebagai petani butuh pemimpin yang bisa memperhatikan nasib petani. Sehingga dengan adanya program CEP-SSL untuk sebagai calon gubernur dan wakil gubernur untuk memberdayakan pertanian melalui mengangkat harga komoditi andalan Sulut memberikan haraoan baru bagi petani di daerah ini,’’ tuturnya.

Sebagaimana yang dikatakan CEP dalam beberapa kesempatan, bahwa selama turun di lapangan banyak harapan dari masyarakat agar sektor pertanian mendapat perhatian serius, terutama mengangkat harga cengkih dan kelapa.

‘’Sebagai pemimpin yang baikharus mampu mendengar apa yang menjadi harapan warga. Dan ini tentunya menjadi perhatian kita, bagaimana harus bergerak cepat supaya harga produk pertanian ini (cengkih dan kelapa) bisa membaik dan menguntungkan petani,’’ tutur CEP, sapaan kini menjabat Bupati Minahasa Selatan.

Oleh sebab itu, lanjutnya, bila dirinya dipercaya masyarakat memimpin Sulut, hal pertama yang akan dilakukan adalah mensejahterakan petani dengan cara menjaga harga produk produk pertanian selalu stabil. Bukan hanya itu, dirinya juga akan berjuang mengerakkan ekonomi Sulut dengan memberdayakan maksimal Usaha Kecil Menegah (UKM) dan usaha-usaha lainnya.(*/am)