Pemkab Mitra Presentasikan SAKIP Lewat Teleconference ke KemenPan-RB

RATAHAN, (manadotoday­.co.id) – Dipimpin Bupati James Sumendap SH, Pemkab Mitra presentasikan Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintahan (SAKIP) kepada evaluator dari Kemenpan-RB lewat teleconference, Jumat (11/9/2020).

Pada teleconfrence SAKIP tersebut, sejumlah SKPD turut memberikan presentasi terkait kinerja mereka.

Bupati mengatakan bahwa pada prinsipnya, SAKIP bisa berjalan sesuai standar KemenPan-RB, apabila komitmen kepala daerah dan wakil kepala daerah, serta fungsi pengawasan mampu melaksanakan sesuai tugas dan tanggung jawab.

“Implementasi SAKIP ini akhirnya kembali pada apa yang menjadi harapan visi misi yang dituangkan dalam program sesuai harapan pemerintah pusat dan provinsi,” ungkap James Sumendap.

Adapun komitmen Pemkab Mitra untuk perbaikan kinerja instansi pemerintah sudah dilaksanakan, sebagaimana yang dipaparkan Sekretaris Daerah.

Dari seluruh penilaian oleh tim evaluator pada Tahun 2018, Pemkab Mitra sudah melakukan tindak lanjut, yakni penyelarasan dokumen perencanaan, pelaksanaan review unsur perencanaan sesuai indikator kinerja utama, melakukan penilaian kinerja tahunan yang telah dimanfaatkan dalam penyusunan anggaran dan monitor pencapaiannya.

Selain itu dilakukan juga penyempurnaan IKU (Indikator Kinerja Utama) dimulai dari pemerintah kabupaten, organisasi perangkat daerah, sampai pada tingkatan pejabat eselon IV, sekaligus melakukan review terhadap program kegiatan dan komponen anggaran untuk penyempurnaan IKU, serta penerapan SPIP (Sistem Pengendalian Internal Pemerintah).

Sementara itu, tim evaluator menyambut baik komitmen Pemkab Mitra yang terus berupaya meraih hasil yang lebih baik dengan memberikan beberapa masukan, sekaligus rekomendasi untuk dilengkapi.

“Tim evaluator sudah memberikan masukan, serta nantinya akan memberi kami rekomendasi terkait SAKIP yang sudah kami paparkan, untuk dipenuhi dalam kurun waktu 30 hari,” ujar David Lalandos.

Adapun diawal kepemimpinan Bupati James Sumendap, penilaian SAKIP Pemkab Mitra masih berada di nilai D, namun dengan komitmen Bupati yang ditularkan kepada jajarannya, setapak demi setapak naik ke nilai C, kemudian ke CC, sebelum akhirnya pada 2016 hingga 2018 mendapat nilai B.

Kegiatan yang dilaksanakan di Auditorium Kantor Bupati ini, turut dihadiri Wakil Bupati Jocke Legi, Sekretaris Daerah David Lalandos serta SKPD.(ten)