Atlet Menembak Tomohon Gisella Lasut Raih Emas di Kejurnas

Gisella Liberty Lasut,  atlet Tomohon peraih Medali Emas Kejurnas Menembak Cluster Jawa Barat
Gisella Liberty Lasut, atlet Tomohon peraih Medali Emas Kejurnas Menembak Cluster Jawa Barat

TOMOHON, (manadotoday.co.id)—Prestasi membanggakan diraih atlet menembak asal Kota Tomohon Gisella Liberty Lasut yang mewakili Sulawesi Utara. Bertanding di nomor 10 Meter Air Rifle Woman, gadis berusia 19 tahun asal Kelurahan Matani Tiga Tomohon Tengah ini berhasil meraih Medali Emas setelah menyingkirkan sejumlah atlet Pelatnas di Kejuaraan Nasional (Kejurnas) Piala Kemerdekaan Cluster Jawa Barat 2020.

Pada babak final yang digelar Sabtu (5/9/2020) pukul 15:00 WIB, Gisella berhasil mencatatkan rataan tembakan 10.50 pada elimination stage.

Gisella unggul sangat jauh dari dari peraih Medali Perak atas nama Fatimah Lana Nathania dari Jawa Barat yang hanya mencatatkan rataan 10.04.

Tanda-tanda kemenangan Gisella sudah terlihat pada kualifikasi di dengan meraih poin tertinggi 618.1 dengan rataan tembakan 10.3.

Cluster Jawa Barat adalah yang terberat dalam gelaran ini mengingat mayoritas atlet pelatnas berasal dari daerah ini.

Dengan hasil ini, Gisella berhasil meraih Medali Emas secara berturut pada gelaran Kejurnas yang diadakan PB Perbakin. Sebelumnya meraih Medali Emas pada nomor yang sama di Kejurnas Jatim Open yang digelar Agustus lalu.

Servi 'Didi'  Mantiri, Manajer Tim
Servi ‘Didi’ Mantiri, Manajer Tim

‘’Saya berkerinduan untuk tampil mewakili Indonesia di iven yang lebih bedsar lagi, apakah itu Kejuaraan Dunia bahkan Olimpiade di masa mendatang,’’ kata Gisella usai menyelesaikan babak final.

Sementara Manajer Tim Servi ‘Didi’ Mantiri  mengungkapkan, dalam kejurnas kali ini, Kota Tomohon mengirim 4 atlit. 3 lainnya masih junior namun sudah memberikan hasil yang memuaskan kendati baru pertama kali ikut di level nasional.

‘’Gisella berpeluang menjadi atlet Sulut pertama yang menghuni Pelatnas setelah melihat prestasi yang diraihnya,’’ ujar Didi, Ketua Mata Elang Shooting Club Kota Tomohon.

Theo lasut, ayah Gisella yang selalu setia mendampingi putrinya ketika mengikuti kejuaraan mengaku terharu dan bangga dengan hasil yang dicapai. ‘’Ya, kerja tak mengkhianati hasil. Kerja keras selama bertahun-tahun sudah menunjukkan hasilnya. Semoga potensi atlet menembak dari Kota Tomohon dilirik dan diperhatikan oleh pusat maupun daerah,’’ tukasnya. (ark)