Tahun 2021, Dinsos Targetkan Data Penduduk Miskin di Mitra Sudah Akurat

Franky Wowor S.Sos,
Franky Wowor S.Sos,

RATAHAN, (manadotoday­.co.id) – Pemerintah Kabupaten Minahasa Tenggara (Mitra) mealui Dinas Sosial menargetkan Tahun 2021 data miskin di Mitra sudah akurat.

“Kami targetkan tahun depan data miskin di Kabupaten Mitra sudah akurat. Untuk maksud tersebut, secara bertahap kami sudah mengusulkan penghapusan data miskin,” ujar Kepala Dinas Sosial Mitra, Frangky Wowor, melalui Kepala Bidang Pemberdayaan Sosial (Dayasos), Sandra Kindangen, Rabu (2/9/2020).

Menurut Kindangen, pihaknya sudah mulai memproses penghapusan data miskin Mitra dan sekira 1.743 keluarga sudah diusulkan untuk dihapus dari Sistem Informasi Kesejahteraan Sosial-Next Generation (SIKS-NG).

“Saat ini masih berproses. Kami sudah kirimkan data miskin yang akan dihapus, namun untuk saat ini data di SIKS-NG belum berubah. Kemungkinan untuk finalisasinya hingga Bulan Oktober nanti,” pungkas Sandra Kindangen.

Adapun sebab penghapusan data miskin ini karena warga tersebut sudah dianggap mampu secara ekonomi dan bukan lagi warga miskin.

Sementara dari sekira 1.743 keluarga yang telah dikirimkan untuk dihapus dari SIKS-NG, beberapa di antaranya atas kesadaran sendiri dari warga untuk dikeluarkan dari data miskin karena sudah merasa mampu.

“Selain itu, data miskin ini sesuai dengan hasil musyawarah desa (Musdes,red) bahwa warga tersebut sudah mampu dan tidak layak lagi menerima bantuan,” ujarnya.

Adapun ini merupakan program dari tiga Kementerian, yakni Kementerian Dalam Negeri, Kementerian Koordinator bidang Kesejahteraan Rakyat, dan Kementerian Sosial.(ten)