James Lembong, Vtuber 1st Platinum di Sulut

Tantangan Terberat Menghadapi Hoax

IMG-20200828-WA0013SAAT semua orang di jagat ini dihantui Covid 19, PT Future View Tech hadir dengan konsep bisnis masa depan. Aplikasi rintisan startup bernama VTube ini menjadi trending bisnis tahun 2020. Model kerjanya yang sangat sederhana. Hanya nonton video iklan di aplikasi yang sudah disiapkan, kita dapat uang.

Lebih heboh lagi, bisnis ini berpotensi menghasilan puluhan sampai ratusan juta tanpa modal. Artinya bila ingin bergabung di bisnis ini gratis. Dan perusahaan tidak memungut dana satu rupiah pun.

Peluang ini tak disia-siakan James Lembong, SSos. Mantan aktivis mahasiswa ini tanpa berpikir panjang, langsung menggeluti bisnis ini. Saat itu pendaftaran masih manual karena belum ada aplikasi.

‘’Tapi bagi saya ini peluang bagus. Apalagi tanpa modal dan berpotensi menghasilkan pendapatan yang sangat besar,’’ tutur James pada suatu kesempatan saat berbincang dengan penulis.

“Coba bayangkan, lanjut pria penyuka warna hitam/putih, saat semua orang tidak berdaya karena Covid 19, muncul tawaran bisnis tanpa modal. Yah ikut saja. Toch juga tidak rugi kalau suatu saat bisnis ini nantinya tidak benar. Apalagi bisnis ini bisa dijalankan di mana saja. Di rumah, di jalan di kebun pun bisa asal ada jaringan internet,’’ tutur James.

Saat itu memang, lelaki yang cepat akrab dengan siapa saja ini, tidak berdaya dari sisi ekonomi karena pekerjaanya tidak mampu lagi menutupi kebutuhan keluarga karena dampak dari pandemi Covid.

‘’Ketika saya geluti bisnis ini saya hanya berharap bisa mendapatkan hasil walaupun hanya 500 ribu per bulan untuk menopang kebutuhan keluarga. Saya tidak muluk-muluk karena bisnisnya gratis,’’ tutur bungsu dari 2 bersaudara pasangan Robert Lembong dan Fedrika Namangge.

Setelah hampir sebulan – ketika itu bulan Maret 2020, sudah ratusan teman-teman yang berhasil dihubungi untuk bisa bergabung di bisnis ini. Akhirnya apa yang ditungu-tunggu datang juga. Perusahaan menghadirkan aplikasi Vtube pada 15 April 2020. Pendaftaran pun, lanjut pria kelahiran Manado 18 Januari 1986 ini, dilakukan melalui aplikasi.

IMG-20200828-WA0012‘’Setelah ada aplikasi bisnis ini mulai heboh. Medsos sudah banyak memuat soal Vtube. Member saya juga sudah banyak yang menjalankan misi sesuai marketing plan perusahaan,’’ tutur suami tercinta dari Marvita Jessica Langkun, A.md, Ak.

DIHANTAM HOAX

Di saat bisnis ini mulai trending, muncul berita-berita yang tidak mengenakkan. Baik media maupun di Youtube ada berita yang mengatakan bahwa bisnis Vtube adalah penipuan.

‘’Bagi saya berita itu biasa. Karena sebelum saya terjun lebih jauh ke bisnis ini, saya sudah bertanya kepada sponsor saya soal legalitas perusahaan. Saya juga sudah mengantongi izin perusahaan baik dari Kominfo, Menkumham, dan dokumen lain. Cuma yang jadi masalah adalah menjawab pertanyaan tim saya,’’ kata penyuka makanan Bebek bumbu RW ini.

Ayah dari 2 putra-putri Mikayla Jeviska Lembong dan Jonathan Feivel Lembong ini, menceritakan, ketika ramai-ramainya berita hoax soal Vtube beredar, kondinya sempat drop. Karena menjawab pertanyaan member.

‘’Waktu saya tersita menjawab pertanyaan member. Mulai dari pagi sampai subuh, telepon saya terus berdering. Sehingga kalau ada member yang sudah mendapat penjelasan tidak juga paham. Saya langsung katakan, kalau tidak percaya sudah mundur saja. Toch juga anda tidak mengeluarkan dana sedikipun untuk bisnis ini,’’ ujar James.

Makanya saya sangat marah ketika ada berita yang tidak berimbang soal Vtube.

‘’Saya juga orang media. Makanya sedikit banyak tahu kerja media,’’ ujar James yang juga Marketing Manager di perusahaan media.

Makin banyak ditantang, makin besar kemauannya untuk membuktikan bahwa pilihannya benar. Lagi pula, dia tidak ambil pusing dengan mereka yang mencela dan mencibir apa yang dilakukannya.

IMG-20200828-WA0014‘’Justru inilah yang menambah semangat dan motivasi saya. Yang terpenting adalah perusahaan punya legalitas, dan selanjutnya tergantung kita,’’ katanya bersemangat.

Sikap yang sudah tertanam dalam benaknya sejak kecil yakni, Jangan Menyerah dan Pantang Mundur untuk menjalani sesuatu dia yakini benar itu, akhirnya membuahkan hasil. Tanggal 26 Juli 2020, James Lembong meraih Platinum pertama di Sulawesi Utara. Dan juga sebelumnya sempat meraih Rank Gold pertama di Sulut pada tanggal 9 Juni 2020.

‘’Puji Tuhan ini. Ini semua berkat dan anugerah Tuhan,’’ tutur James yang juga kini dipercayakan Managemen masuk dalam jajaran Elite Leaders Club dan Elite Leaders Speaker.

Karena posisinya ini, James sering diundang sebagai pembicara nasional dalam kegiatan yang dilajukan Vtube.

Lantas berapa pendapatan James Lembong per bulan? Sambil tersenyum James mengatakan, sudah melebih apa yang saya harapkan.

‘’Jauh melebih apa yang saya harapkan. Pokoknya sudah puluhan juta per bulan,’’ ujar James yang tidak lama lagi meraih posisi puncak yakni Diamond.

‘’Tugas terberat saya saat ini adalah bagaimana membuat teman-teman dan tim saya meraih apa yang sudah saya capai. Makanya saya sekarang keliling untuk membina tim saya untuk terus berusaha mengedukasi tim masing-masing agar semua bisa maju dan merasakan manfaat di bisnis ini. Kuncinya adalah Fokus, Kerja Keras dan Percaya,’’ tegasnya.(adri)