Bersinergi dengan Kemenkes, C3 Pemkot Manado Akan Dilengkapi Aplikasi Khusus Pelayanan Kesehatan

Kadis Kominfo Erwin Kontu saat menjelaskan keunggulan C3 kepada Tenaga Ahli Big Data Kemenkes Joy Gabriel
Kadis Kominfo Erwin Kontu saat menjelaskan keunggulan C3 kepada Tenaga Ahli Big Data Kemenkes Joy Gabriel

MANADO, (manadotoday.co.id) – Staf Khusus Kementarian Kesehatan Bidang Peningkatan Sumber Daya Manusia Kesehatan dr. Mariya Mubarika dan Tenaga Ahli Big Data Kemenkes Joy Gabriel mengunjungi Ruang Cerdas Command Center (C3) di Kantor Walikota Manado, Rabu (5/8/2020).

Usai mendengar langsung pemaparan Kepala Kominfo Erwin Kontu terkait keunggulan sejumlah aplikasi smart solution yang berada di C3, Tenaga Ahli Big Data Kemenkes Joy Gabriel menyebut, Kementerian Kesehatan saat ini berupaya membantu pemerintah daerah dalam memperkuat sistem kesehatan di masyarakat, terutama di era digital.

“Apalagi di tengah pandemi Covid-19 ini. Ada beberapa hal yang bisa menjadi opportunity yang belum dimanfaatkan orang lain. Pada prinsipnya kami ingin melihat di C3 apa-apa saja aset-aset digital yang dimiliki untuk nantinya kita perkuat,”kata Joy, Rabu (5/8/2020).

Ia mengatakan, rencananya C3 milik Pemkot Manado akan dihubungkan dengan aplikasi kesehatan milik Kemenkes yang bernama Tele Sehat. Aplikasi ini menurut dia, memiliki berbagai manfaat, apalagi di tengah Covid-19 seperti saat ini.

“Tele Sehat ini punya tiga fitur utama ditambah satu. Pertama edukasi, kedua konsultasi dengan dokter online, ketiga menghubungkan orang dengan fasilitas kesehatan terdekat dengan hanya sekali klik, dan terakhir aplikasi ini juga menampilkan peta zona menggunakan 25 indikator berdasarkan indeks kasus Rt,”tambahnya.

Sepakat dengan Joy Gabriel, Kepala Kominfo Erwin Kontu menilai Tele Sehat akan sangat bermanfaat bagi masyarakat Kota Manado di bidang kesehatan.

“Ini luar biasa untuk masyarakat Kota Manado. Ini langkah baru ke depan yang berhubungan dengan pelayanan publik di bidang kesehatan. Kita harus apresiasi Kementerian Kesehatan, termasuk Pak Wali Kota Vicky Lumentut yang memikirkan kepentingan masyarakat Manado ke depan. Selain kita memiliki layanan pengaduan kita juga (akan) dilengkapi dengan pelayanan kesehatan kepada masyarakat,”tukas Erwin Kontu.(ryan)