Manado Ba Kobong Terus Digalakan, GSVL Tanam dan Panen Jagung di Winangun

Manado Ba Kobong Terus Digalakan, GSVL Tananam dan Panem Jagung di WinangunMANADO, (manadotoday.co.id) – Program cerdas Wali Kota G.S Vicky Lumentut untuk menciptakan ketahanan pangan di tengah pendemi Covid-19 yaitu ‘Manado Ba Kobong’ terus digencarkan.

Wali Kota G.S Vicky Lumentut ditemani Kadis Pertanian, Kelautan dan Perikanan (PKP) M. Sofyan, melaksanakan panen dan penanaman jagung hibrida di Kelurahan Winangun 1, Kecamatan Malalayang, Rabu (29/7/2020).

Lahan tersebut dikelola oleh kelompok tani Mapalus dan Makaruyen binaan Dinas PKP Kota Manado.

Menurut Lumentut, program Ba Kobong ini merupakan salah satu strategi ampuh kembali mennggali potensi pertanian di Kota Manado serta meningkatkan kesejahteraan petani.

“Apalagi di tengah pandemi Covid-19 seperti saat ini, pertanian menjadi salah satu solusi untuk menjaga ketahanan pangan dan menjadi sumber pendapatan baru bagi masyarakat,”ujar Lumentut.

Sekadar informasi, sejak dicanangkan 28 Februari 2020 lalu, sejumlah perkebunan yang dikekola oleh Pemkot Manado sudah berulang kali melakukan panen. Tanaman yang dipanen pun bervariasi, mulai dari jagung, cabe sampai sejumlah sayuran dan buah-buahan.

Pemkot Manado juga ikut mengajak rumah-rumah ibadah, TNI/Polri, Rutan, instansi horizontal, pihak swasta sampai masyarakat Kota Manado sendiri untuk ikut ambil bagian dalam program tersebut.(ryan)