Pemkot Tomohon Galakkan Program 100 Persen Akses Air Minum

Program pemenuhan 100 persen akses air bersih
Program pemenuhan 100 persen akses air bersih

TOMOHON, (manadotoday.co.id)—Pemerintah Kota (Pemkot) Tomohon melalui Dinas Perumahan Rakyat dan Kawasan Permukiman Daerah (Perkim) terus berupaya mewujudkan 100 persen akses air minum aman dan dapat dinikmati seluruh masyarakat, dimulai dari Kelurahan Kinilow dan Kinilow Satu Tomohon Utara.

Wali Kota Tomohon Jimmy Feidie Eman SE Ak CA melalui Kepala Dinas Perkim HengKe Y Supit SIP mengungkapkan, target pemenuhan 100 persen akses air minum sesuai dengan Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) Kota Tomohon Tahun 2016-2021 dan Sustainable Development Goals (SDGs) tahun 2030.

‘’Selain itu, maksud dan tujuan dari pembangunan jaringan air bersih ini untuk melaksanakan Program 100-0-100. Program  ini merupakan sebuah program menuju pemenuhan target tiga sektor yakni pemenuhan 100 persen akses layak air minum, pengurangan kawasan kumuh menjadi 0 persen dan pemenuhan 100 persen akses sanitasi layak,’’ ungkap Supit kepada manadotoday.co.id.

Menurutnya, ini merupakan program Wali Kota Tomohon Jimmy Feidie Eman SE Ak CA yang melihat bahwa Kinilow dan Kinilow Satu merupakan daerah yang sulit akses air bersih.

Pembangunan jaringan air bersih di Kelurahan Kinilow dan Kinilow Satu tambah Supit, sebagai upaya membantu Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) untuk mengatasi kekurangan distribusi bagi sebagian masyarakat yang belum terjangkau dengan jaringan PDAM.

Adapun pembiayaan jaringan air bersih ini dilaksanakan bersumber dari APBD Kota Tomohon tahun 2020 yang dialokasikan di Dinas Perumahan Rakyat dan Kawasan Permukiman Daerah Kota Tomohon dari Program Lingkungan Sehat Perumahan dengan kegiatan Penanganan Kawasan Kumuh dengan anggaran Rp150 Juta.

‘’Kami targetkan akan selesai Agutus 2020 dan akan melengkapi jaringan yang sudah terbangun serta meningkatkan kapasitas debit air yang sudah ada, sehingga meningkatkan jangkauan pelayanan kepada masyarakat,’’ tukas Supit.

Sementara Lurah Kinilow Rendra Musak SIP mengucvapkan terima kasih kepada Wali Kota Tomohon dan Dinas Perkim Kota Tomohon yang telah berupaya keras memenuhi kebutuhan air di Kinilow dan Kinilow Satu.

‘’Ini merupakan kepedulian seorang pemimpin dan Pemewrintah Kota Tomohon. Salut dengan pak Wali Kota yang terus menmperjuangkan kebutuhan masyarakat,’’ tukas Musak.

Shinta Manopo, warga Kinilow juga menyampailkan terima kaishnya atas program Pemkot Tomohon, Wali Kota Tomohon yang dilaksanakan Dinas Perkim yang sudah membantu masyarakat Lingkungan 2, 3, 4 dan 5 yang selama ini memang kesulitan air bersih. ”Tentunya ini sangat membantu dalam pemenuhan air bersih masyarakat Kinilow,” katanya. (ark)

Add Comment