Bawaslu RI Cek dan Support Pengawasan Coklit di Tomohon

Koodiv Sosialisasi dan Pengawasan Bawaslu RI Mochammad Afifuddin SThI MSi cek dan support pengawasan Coklit Bawaslu Tomohon
Koodiv Sosialisasi dan Pengawasan Bawaslu RI Mochammad Afifuddin SThI MSi cek dan support pengawasan Coklit Bawaslu Tomohon

TOMOHON, (manadotoday.co.id)—Mengecek kesiapan dan mensupport pengawasan Pencocokan dan Penelitian (Coklit) data pemilih, Koordinator Divisi Sosialisasi dan Pengawasan Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Republik Indonesia (RI) Mochammad Afifuddin SThI MSi Sabtu (25/7/2020) mengunjungi Bawaslu Kota Tomohon.

Rombongan yang didampingi Bawaslu Provinsi Sulawesi Utara di bawah pimpinan Ketua Dr Herwyn Malonda SPd SH MPd MH diterima Ketua Bawaslu Tomohon Deisy Soputan SPd MHum dan anggota Steffen Linu SS MAP dan Irvan Dokal SH.

Ketua Bawaslu Tomohon Deisy Soputan kemusian menjelaskan kondisi Kota Tomohon yang terdiri dari 44 kelurahan dan 5 kecamatan dengan pemilih berjumlah di bawah 80 ribu.

‘’Kami sementara dan sedang melakukan pengawasan pelaksanaan Coklit yang dilaksanakan oleh KPU Tomohobn melalui Petugas Pemutakhiran Data Pemilih,’’ ujar Soputan.

Saat memberikan sambutan, Mochammad Afifuddin mengatakan, tahapan Coklit sangat penting dalam proses pemilihan dalam hal ini Pemilihan Gubernur dan wakil Gubernur serta Pemikihan wali Kota dan Wakil Wali Kota di daerah yang melaksanakan pemilihan.

‘’Ini turut menentukan kualitas penyelenggaraan. Jadi, Bawaslu harus mengawalnya dengan baik. Jangan sampai ada hak pemilh yang tidak terakomodasi atau data pemilih yang tidak benar,’’ tandasnya.

Di tengah Pandemi Covid-19 ini juga lanjutnya, Bawaslu ketambahan tugas yakni mengawasi proses pelaksanaan dengan harus memperhatikan Protokol Covid-19. ‘’Ini harus, sebab taka da gunanya pemilihan kepala daerah jika kesehatan dan keselamatan jiwa masyarakat terancam,’’ tukasnya. (ark)

Add Comment