Peringatan Hari Anak Nasional, Djein Rende Ingatkan Peran Keluarga Bagi Generasi Penerus Bangsa

Peringatan Hari Anak Nasional, Djein Rende Igatkan Pentingnya Peran KeluargaRATAHAN ,(manadotoday­.co.id) – Memperingati Hari Anak Nasional pada Kamis 23 Juli 2020, anggota DPRD Provinsi Sulawesi Utara (Sulut) Djein Leonora Rende mengingatkan pentingnya peran keluarga dalam perkembangan anak sebagai penerus cita-cita bangsa.

Menurutnya, menjadi kewajiban orang tua untuk menjaga, melindungi, dan mendidik anak, untuk mempersiapkan mereka menjadi generasi yang baik ke depan. Peran orang tua juga sangat penting membentuk karakter anak bangsa yang kreatif, inovatif, dan berakhlak baik, serta cinta tanah air.

“Ini sangat penting karena keluarga merupakan unit terkecil dalam masyarakat. Keluarga juga merupakan lingkungan awal bagi anak mendapat pendidikan sehingga peran orang tua dalam pembentukan karakter anak sangat penting,” ungkap Djein Leonora Rende.

Lanjut dikatakannya, pentingnya pendidikan anak sebagai generasi penerus bangsa harus menjadi perhatian bersama. Seperti menyikapi sistem belajar dalam tatanan normal baru, di mana penggunaan sistem daring menjadi solusi dalam giat belajar saat ini, maka selain orang tua, guru juga harus proaktif mengawasi perkembangan anak didiknya.

“Kalau di tempat lain sistem belajar saat ini mungkin tidak memiliki banyak kendala. Tapi kalau di Mitra, apalagi di desa terpencil yang signal internet tidak bagus, peran guru dibutuhkan,” ujarnya.

Menurutnya, untuk tetap menjaga kualitas pendidikan anak maka guru harus bisa menghadirkan solusi lain, di antaranya dengan memantau langsung pendidikan siswanya di rumah.

“Jadi selain pendampingan orang tua, peran guru memantau jalannya giat belajar sangat penting. Guru harus proaktif untuk memantau langsung perkembangan anak didik karena mereka merupakan tulang punggung bangsa ke depan,” tutupnya.(ten)

Add Comment