Rumah Sakit Rujukan Penanganan Pasien Covid-19 di Gedung Kitawaya dan Bapelkes Siap Dioperasikan

ruangan pasien Covid-19
Ruangan perawatan pasien Covid-19 yang disiapkan Pemprov Sulut.

SULUT, (manadotoday.co.id) – Berbagai langkah terus dilakukan Pemprov Sulawesi Utara (Sulut) dibawah pimpinan Gubernur Olly Dondokambey dan Wakil Gubernur Steven O.E. Kandouw (OD – SK), untuk penanganan Covid-19 di daerah ini.

Salah satunya dengan menyediakan tempat perawatan bagi pasien Covid-19 di Sulut, yakni melakukan renovasi gedung Kitawaya di Kairagi dengan kapasitas 200 tempat tidur dan Bapelkes Malalayang dengan kapasitas 150 tempat tidur, untuk digunakan menjadi rumah sakit rujukan bagi pasien Covid-19.

Menurut Kepala BPBD Sulut Joy Oroh, izin operasional RS untuk kedua gedung tersebut dari Kementerian Kesehatan. Sedangkan tambahan peralatan medis disediakan Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Pusat.

“Izin dari Kemenkes infonya minggu ini sudah ada. Sedangkan tambahan peralatan dari gugus tugas pusat,” ujarnya, Kamis (9/7/2020).

Oroh menambahkan, langkah Pemprov Sulut menyiapkan RS rujukan pasien Covid-19 akan meringankan beban dari RS umum sehingga tidak terjadi penumpukan pasien, yang berakibat penuhnya kapasitas rumah sakit sekaligus menurunkan resiko penularan Covid-19 di fasilitas kesehatan. (ton)