Wagub Kandouw Launching Kios UMKM Sulut, Aplikasi Klik Kios dan Antar Jo

wagub kandouw
Wakil Gubernur Sulut Steven O.E. Kandouw, ketika melaunching Kios UMKM Sulut, Aplikasi Klik Kios, Antar Jo, dan program penanganan dampak ekonomi akibat Covid-19 bagi UMKM, yang digelar di Gedung PLUT-KUMKM.

SULUT, (manadotoday.co.id) – Wakil Gubernur Sulawesi Utara (Sulut) Steven O.E. Kandouw melaunching Kios UMKM Sulut, Aplikasi Klik Kios, Antar Jo, dan program penanganan dampak ekonomi akibat Covid-19 bagi UMKM, yang digelar di Gedung PLUT-KUMKM, Selasa (7/7/2020).

Program ini dapat dimanfaatkan masyarakat dengan membeli produk UMKM baik secara offline dan online dengan semangat ‘Bangga Buatan Sulawesi Utara’ sehingga dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat Sulut.

Kandouw dalam sambutannya, menyatakan optimis program dan aplikasi tersebut dapat menggerakkan dan menggairahkan pertumbuhan ekonomi dan kesejahteraan masyarakat khususnya para pelaku Koperasi dan UMKM di Sulut.

Selain itu, program ini bisa membangkitkan produktivitas usaha bagi para pelaku Koperasi dan UMKM yang terdampak Covid-19 agar tersedianya lapangan pekerjaan, mengurangi pengangguran, penanggulangan kemiskinan dan peningkatan pendapatan.

“Program ini harus terus dijalankan, karena dalam situasi Covid-19 saat ini dimana new normal atau untuk Sulut lewat Pergub adaptasi kehidupan baru harus disosialisasikan dan UMKM harus terus hidup karena terbukti UMKM mampu bertahan ditengah himpitan saat ini,” katanya.

Menurut Kandouw, di fase new normal semua pihak termasuk UMKM harus mematuhi protokol kesehatan seperti memakai masker, physical distancing dan mencuci tangan dengan sabun dalam menjalani aktivitas ekonomi.

Kata dia, seluruh UMKM diminta terus berinovasi untuk meningkatkan kualitas produk, misalnya dengan kemasan menarik.

“UMKM harus terus meningkatkan kualitas, baik packingnya dan perlu terus berinovasi sehingga UMKM akan terus menjadi pelopor perekonomian di masa pandemi ini,” ungkap Kandouw.

Sebelumya, Kadis Koperasi dan UMKM Sulut Ronald Sorongan menerangkan soal peresmian Kios UMKM Sulut, Aplikasi Klik Kios dan Antar Jo

“Dibukanya kios ini semua produk dan hasil karya dari UMKM se-Sulut, dimana lewat berbagai aplikasi ini bisa sebagai tempat penjualan dan disamping kios membuka pemasaran secara online, akan diberikan pelatihan UMKM agar semua tahu menjual produk secara online,” tandas Sorongan.

Hadir pada peresmian itu, Kepala Bank Indonesia Perwakilan Sulut Arbonas Hutabarat, Kepala Otoritas Jasa Keuangan Provinsi Sulawesi Utara, Gorontalo dan Maluku Utara, Slamet Wibowo, Asisten II Bidang Perekonomian dan Pembangunan Praseno Hadi. (ton)