Minahasa akan Bangun Laboratorium PCR

TONDANO, (manadotoday.co.id) – Bupati Royke O. Roring (ROR) mengatakan Pemkab Minahasa berencana membangun laboratorium PCR atau polymerase chain reaction, untuk penanganan penyebaran Covid-19.

“Kami sudah menyurat ke Kementerian Kesehatan RI untuk rencana pembangunan lab PCR.  Rencananya akan dibangun di Puskesmas Koya,” ujar ROR.

Menurutnya, jika Minahasa sudah punya Lab PCR, maka pemeriksanaan tidak perlu lagi dikirim ke Manado, yang ternyata juga digunakan Pemprov Gorontalo dan Malut untuk pemeriksaan sampel.

“Lab PCR nanti, akan dilengkapi alat ketris dimana harganya sekitar 20 juta. Jika ada 20 ketris maka sedikitnya 500 orang bisa diperiksa lewat alat ini dalam sehari. Dengan upaya ini makin cepat diketahui positif atau negatif atau keterkaitan dengan pasien positif Covid-19,” terang ROR.

Disisi lain, ROR berharap gar masyarakat Minahasa tetap melaksanakan protokol kesehatan agar terhindar dari Covid 19.

“Memasuki new normal, hendaknya protokol kesehatan tetap dikedepankan. Semua tetap berjaga-jaga sebab belum pasti kapan Covid 19 akan berakhir,” ungkapnya.

Terkait banyak pasien Covid-19 di Minahasa yang sembuh, ROR menyatakan hal itu patut disyukuri dan berharap pasien Covid-19 yang sembuh, diterima dengan baik oleh pemerintah dan masyarakat. (rom)

Add Comment