Pemkab Mitra Salurkan BSPS Bagi Masyarakat Berpenghasilan Rendah di Desa Borgo

received_600219877542850RATAHAN, (manadotoday.co.id) – Pemerintah Kabupaten Minahasa Tenggara (Mitra) melalui Dinas Perumahan dan Pemukiman (Perkim) menyalurkan Bantuan Stimulan Perumahan Swadaya (BSPS) kepada 30 keluarga Masyarakat Berpenghasilan Rendah (MBR) untuk perbaikan rumah, di Desa Borgo, Kecamatan Belang.

Kepala Dinas Perumahan dan Pemukiman (Perkim) Novi Legi menyampaikan, bantuan ininberasal dari Dana DAK bidang perumahan dalam bentuk BSPS dimana untuk menanggulangi kemiskinan khususnya bagi masyarakat yang tinggal di kawasan Kumuh.

Untuk itu, Legi mengingatkan kepada masyarakat penerima manfaat tentang komitmen untuk siap berswadaya, baik berupa bahan bangunan maupun tenaga kerja sebagai pendamping dana stimulan dan bahan bangunan yang diberikan oleh pemerintah.

“Dengan semangat gotong royong yang disertai dorongan hukum tua dan pengawasan perangkat desa, diharapkan kegiatan ini akan sukses dan menjadi contoh bagi desa-desa penerima berikutnya,” ungkap Novie Legi.

Dana DAK Perumahan 2020 rencananya akan disalurkan di lima Desa yang termasuk kawasan kumuh. Itu tersebar di Kecamatan Ratatotok, Belang, dan Pusomaen.

“Total anggaran untuk BSPS ini sekitar 2,2 miliar rupiah. Dari 120 BMR yang akan menerima bantuan di Kabupaten Mitra, Khusus untuk Desa Borgo mendapat alokasi bantuan perumahan untuk 30 kepala keluarga,” pungkas Novie Legi.

Adapun setiap keluarga nantinya mendapat stimulan sebesar 17,5 juta rupiah untuk perbaikan rumah, di mana 15 juta rupiah dalam bentuk bahan dan 2,5 juta rupiah upah pekerja.

“Jadi tidak masalah jika mereka melakukan perbaikan atau mulai pembangunan dari nol. Pastinya bantuan sekitar Rp 15 juta dalam bentuk bahan dikirimkan langsung toko bangunan yang sudah dipercayakan dan Rp 2,5 juta ditransfer langsung ke rekening penerima melalui Bank BNI,” tutupnya.

Selain Desa Borgo, ini daftar nama desa yang bakal menerima bantuan BSPS pada tahun ini:

• Kecamatan Ratatotok: Desa Basaan;

• Kecamatan Belang: Desa Buku, Desa Buku Utara;

• Kecamatan Posumaen: Desa Tatengesan.(ten)

Add Comment