Webinar “Produk Lokal untuk Global” Bersama Wamendag Jerry Sambuaga Sukses Digelar

Webinar "Produk Lokal untuk Global" Bersama Wamendag Jerry Sambuaga Sukses Digelar
Webinar “Produk Lokal untuk Global” Bersama Wamendag Jerry Sambuaga Sukses Digelar

MANADO, (manadotoday.co.id) – Web Seminar (Webinar) yang diselenggarakan Media Online Manadosulutnews.com, bekerjasama dengan Kementerian Perdagangan (Kemendag) RI, Pemerintah Kota (Pemkot) Manado, KADIN Sulut dan Indonesia Marketing Asociation (IMA), Senin (27/6/2020) berjalan sukses.

Wakil Menteri Perdagangan, DR Jerry Sambuaga menjadi narasumber pada Webinar Bisnis Forum Ekspor di Masa Covid-19 dengan tema “Produk Lokal untuk Global”.

Dalam kesempatan tersebut, Wamendag DR Jerry Sambuaga menjelaskan mengenai kinerja ekspor dan impor beberapa negara pada Januari-Mei 2020 yang mengalami pelemahan akibat pandemi Covid-19. Sebagian besar permintaan global turun sehingga ekspor mengalami kesulitan. Sementara, untuk neraca perdagangan pada Januari-Mei 2020 mengalami surplus sebesar USD 4,3 miliar.

“Dampak Covid-19 di bidang ekspor dan impor, mengalami pelemahan pada periode Januari-Mei 2020. Hal ini disebabkan karena sebagian besar permintaan global turun sehingga ekspor mengalami kesulitan. Namun, untuk neraca perdagangan periode Januari-Mei 2020, justru mengalami surplus sebesar USD 4,3 Milliar,” ungkap Jerry.

Wamendag menambahkan, kinerja ekspor nonmigas untuk Sulawesi Utara masih tertinggal dibandingkan dengan provinsi lainnya. Dampak dari pandemi Covid-19 mengakibatkan perubahan pola perdagangan global dan peningkatan biaya logistik.

“Dampak Covid-19 ini juga mempengaruhi pola perdagangan global dan peningkatan pada biaya logistik,” jelas Jerry lagi.

Sementara, Wali Kota Manado DR Ir GS Vicky Lumentut, SH MSi DEA (GSVL), yang juga menjadi narasumber pada Webinar Bisnis Forum Ekspor di Masa Covid-19 ini, mengharapkan agar pihak Kemendag RI bisa menfasilitasi dan berbagi data produk-produk yang bisa di ekspor ke luar negeri.

“Saya harapkan, Pak Wamendag bisa membantu menfasilitasi pelaku usaha lokal di Kota Manado agar bisa mengekspor produknya ke luar negeri. Disamping itu juga, saya berharap Kemendag bisa berbagi informasi atau data, produk-produk yang diminta dari luar negeri, yang tentu saja mampu disiapkan pelaku usaha lokal di Kota Manado,” harap Wali Kota GSVL.

Hadir juga sebagai narasmbur lainnya Wakil Ketua Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Sulawesi Utara, Ivanry Matu, yang dalam penyampaiaannya begitu mengapresiasi kegiatan ini dan berharap adanya adanya bantuan dari Kemendag dalam upaya membantu pelaku usaha lokal untuk memasarkan produknya ke luar negeri.

“Saya mengapresiasi digelarnya kegiatan ini. Lewat webinar ini, saya berharap Kemendag bisa membantu dan berbagi data produk-produk yang diminta di luar negeri, sehingga bisa membuka peluang ekspor bagi pelaku usaha di Kota Manado,” jelas Ivanry.(*)