Gubernur Olly Optimis Danau Tondano Bebas Eceng Gondok Akhir Tahun Ini

danau tondano
Gubernur Olly Dondokambey, bersama Wakil Gubernur Steven O.E. Kandouw dan Bupati Minahasa Roy Roring, ketika meninjau langsung pembersihan eceng gondok di Danau Tondano.

SULUT, (manadotoday.co.id) – Gubernur Sulawesi Utara (Sulut) Olly Dondokambey, optimis Danau Tondano bebas dari eceng gondok pada bulan Desember atau akhir tahun 2020 ini. Hal tersebut disampaikannya, usai meninjau langsung pembersihan eceng gondok di Danau Tondano bersama Wakil Gubernur Steven O.E. Kandouw dan Bupati Minahasa Roy Roring, Kamis (11/6/2020).

“Beberapa bulan yang lalu disini kan hampir 60-70 hektar dipenuhi oleh enceng gondok makanya hari ini saya meninjau apakah sudah program pemprov dan Kabupaten Minahasa sudah selaras ,terbukti hari ini kita bisa lihat sendiri bahwa di daerah sini sudah sekitar 70 hektar itu bersih, jadi target kita itu Desember ini Danau Tondano bebas enceng gondok sehingga program pemerintah provinsi sinergi dengan Kabupaten Minahasa mengadakan alat-alat untuk membersihkan Danau Tondano,” kata Olly.

Untuk itu, Olly juga meminta masyarakat untuk selalu menjaga kebersihan Danau Tondano karena cepatnya pertumbuhan eceng gondok.

“Nah mudah-mudahan walaupun covid-19 ini kita bisa tuntaskan sampai dengan Desember sudah betul-betul Danau Tondano sudah bersih dari enceng gondok dan ini kita akan lakukan dan saya mengajak masyarakat kalau secara umum sudah bersih kita jaga bersama-sama karena enceng gondok ini cepat sekali berkembang biak jadi kita harus cepat untuk membersihkan dan itu menjadi tugas masyarakat dan pemerintah kerja sama supaya kalau pemanfaatan danau ini betul-betul kita manfaatkan bersama dan kita jaga kebersihannya,” pungkasnya. (ton)