Sekdakab Minahasa Resmikan Pasar Rakyat Tanawangko

Pasar Tanawangko
Peresmian Pasar Rakyat Tanawangko.

TOMBARIRI, (manadotoday.co.id) – Sekdakab Minahasa Frits Muntu, meresmikan Pasar Rakyat Tanawangko, Kecamatan Tombariri, Rabu (10/6/2020).

Peresmian diawali dengan doa syukur dan pentahbisan, yang dipimpin Pdt. Christopel Mengko, MTh selaku Ketua Badan Pekerja Majelis Wilayah Tanawangko 1.

Muntu ketika membacakan sambutan Bupati Minahasa, mengatakan pembangunan yang berkesinambungan mutlak harus dilaksanakan dalam menciptakan kesejahteraan yang merata. Untuk itu peran serta stakeholder sangat diperlukan serta partisipasi masyarakat sebagai wujud kebersamaan dalam pembangunan daerah.

Disampaikan Muntu, setiap langkah hendaknya harus mempertimbangkan segala prioritas dan memiliki korelasi antara satu bidang dengan bidang yang lain, sehingga percepatan pembangunan terlaksana secara seimbang.

“Peresmian pasar ini merupakan salah satu bukti nyata adanya keberhasilan pembangunan yang dilaksanakan pemerintah. Pasar merupakan sarana vital yang diperlukan masyarakat untuk mempermudah memasarkan hasil pertanian, perikanan dan lainnya. Sekaligus upaya untuk memberikan kontribusi bagi masyarakat sehingga dapat pula meningkatkan kesejahteraan bagi masyarakat itu sendiri,” ujar Muntu mengutip sambutan Bupati.

Disamping itu pula pembangunan pasar ini adalah bagian dari upaya kita kembali mendorong eksistensi pasar tradisional yang dulu terkesan dengan image kotor, kumuh dan tidak nyaman sekarang menjadi sangat nyaman karena kebersihannya.

“Atas nama pemerintah dan masyarakat menyampaikan apresiasi dan terima kasih kepada pemerintah pusat yang telah memberikan bantuan kepada masyarakat di Minahasa sehingga pasar ini boleh terbangun dan dapat dimanfaatkan dalam rangka peningkatan kesejahteraan,” kata Muntu.

Ia berharap, masyarakat yang memang beraktivitas di pasar rakyat ini agar bersama-sama dengan pemerintah untuk menjaga keamanan, ketertiban dan kenyamanan dalam pasar ditengah-tengah pandemi dengan memperhatikan Protokol Kesehatan yang berlaku agar pembeli dapat berbelanja dengan tenang sehingga akan bermuara pada kesejahteraan para penjual juga.

Muntu menambahkan, kebersihan merupakan faktor utama dalam menjaga dan meningkatkan minat masyarakat untuk beraktivitas di pasar rakyat ini.

“Mari jaga bersama, timbulkan rasa tanggungjawab di masing-masing kita agar semua dapat berjalan lancar, pelihara segala fasilitas yang diberikan , usahakanlah untuk tidak merusak serta saling mengingatkan satu sama lain,” tandasnya.

“Saya juga menghimbau untuk tetap menggunakan masker, rajin cuci tangan dan menjaga jarak demi kesehatan bersama,” tutur Muntu.

Turut hadir pada peresmian tersebut, Kapolres Tomohon AKBP Bambang Ashari Gatot, SIK, MSi, Anggota DPRD Minahasa Lusia Taroreh, Asisten Pemerintahan dan Kesra Denny Mangala, Asisten Perekonomian dan Pembangunan Wenny Talumewo, Kepala Dinas Perdagangan Sherly Debby Bukhara, Kepala Dinas Kesehatan dr. Maya Rambitan, Kepala Dinas Sosial John Kapoh, Kepala Dinas PMD Jeffry Tangkulung, Kasatpol PP Meidy Rengkuan, Kepala Dinas Perhubungan Hendrik Kaunang, Kepala Bagian Protokol dan Komunikasi Pimpinan Maya Kainde, Kepala Bagian Umum Lona Wattie, Kepala Bagian Organisasi Novarita Supit, Camat Tombariri Davidson Suluh, Tripika kecamatan Tombariri, para Hukum tua, dan para pedagang pasar. (rom)

Add Comment