Eman Harapkan Peran Masyarakat di Penanggulangan Covid-19

Wali Kota Tomohon, Ketua LPm dan peserta yang mengikuti Webinar
Wali Kota Tomohon, Ketua LPm dan peserta yang mengikuti Webinar

TOMOHON, (manadotoday.co.id)—Wali Kota Tomohon Jimmy Feidie Eman SE Ak CA sangat mengharapkan peran masyarakat dalam upaya mencegah dan menanggulangi Covid-19.

Hal itu disampaikan wali kota saat membuika sekaligus membawakan materi pada kegiatan Webinar bertajuk ‘’Masyarakat Berdamai dengan Covid Covid-19 di ERra New Normal’’ yang dilaksanakan oleh Lembaga Pemberdayaan Masyarakat (LPM) Kota Tomohon bekerja sama dengan Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Kota Tomohon Minggu (7/6/2020).

Dalam materinya, wali kota mengatakan topik yang diangkat dalam Webinar tersebut sangat penting bagi masyarakat dalam upaya [encegahan dan penanggukangan Covid-19.

‘’Merupakan tugas pemeribntah di tengah Pandemi Covid-19 ini adalah mensosialisasikan dan melaksanakan protokol kesehatan kepada masyarakat. Tujuannya adalah agar masyarakat tetap dalam keadaan baik dan kesehatannya terjaga,’’ kata Eman seraya berharap masyarakat dapat menunjukkan perannya dalam penanganan Covid-19, bermitra bersama pemerintah  dalam mencegah dan menanggulangi virus ini.

Pemerintah Kota Tomohon lanjut wali kota, telah melakukan berbagai upaya dalam menangani Covid-19 seperti menerbitkan SK Wali Kota Nomor 159 tahun 2020 tentang Pembentukan Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19, menerbitkan Maklumat Wali Kota Tomohon Nomor 67/WKT/IV-2020 tentang  Penegasan Imbauan Pemerintah dalam Penanganan Covid-19 di Kota Tomohon.

Selain itu telah menerbitkan SK Wali Kota Tomohon Nomor 162 tanggal 9 April 2020 tentang Status Tanggap Darurat Bencana Non Alam Covid-19 di Kota Tomohon serta menyalurkan bantuan sosial kepada masyarakat terdampak dan kegiatan lainnya.

‘’Kami juga sementara menyiapkan surat edaran yang nantinya menjadi acuan pelaksanaan new normal life di Kota Tomohon,’’ tukasnya seraya mengaprsiasi LPM Kota Tomohon yang begitu peduli dan proaktif melaksanakan kegiatan seperti ini.

Selain wali kota, pemateri lainnya adalah Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) dan Dekan Fakultas Kedokteran Universitas Sam Ratulangi Manado.

Ketua LPM Kota Tomohon DFr Rooije RH Rumende SSi Mkes mengepresiasi Wali Kota Tomohon bersama Forkopimda yang telah merespons dan menjadi pemateri dalam kegiatan yang dilaksanakan. ”Tentunya ini menjadi langkah awal dalam kita menjalani new normal life dan menjadi acuan bagi kita dalam melaksanakannya sehari-hari,” kata Rumende. (ark)