Pemkot Tomohon Gelar Sosialisasi dan Pengusulan DAK Fisik TA 2021

Sosialisasi dan rapat pengusulan DAK Fisik TA 2021
Sosialisasi dan rapat pengusulan DAK Fisik TA 2021

TOMOHON, (manadotoday.co.id)—Pemerintah Kota (Pemkot) Tomohon Jumat (5/6/2020) mengusulkan Dana Alokasi Khusus (DAK) Fisik Tahun Anggaran (TA) 2021.

Pengusulan sekaligus sosialisasi dilaksanakan di Command Center Mal Pelayanan Publik melalui Video Conference dipimpin Sekretaris Kota Ir Harold V Lolowang MSc MTh diikuti Asisten Bisang Perekonomian Ir Enos Pontororing MSi, Kepala Badan Perencanaan, Penelitian dan Pembangunan Daerah (Bapelitbangda) Drs Daniel Pontonuwu bersama jajaran dan kepala perangkat daerah yang mengusulkan DAK Fisik Tahun Anggaran 2021.

Dalam materinya yang berjudul Kebijakan Dana Transfer Khusus Tahun Anggaran 2021, Lolowang mengatakan, DAK terdiri dari DAK Fisik dan DAK Non Fisik, di mana DAK Fisik terdiri atas DAK Reguler dan DAK Penugasan. Afirmasi menjadi mainstreaming lokasi prioritas keberpihakan di DAK reguler dan DAK penugasan.

‘’Untuk DAK Fisik, agar capaian output dan outcome optimal, dilakukan refocusing bidang dan kegiatan. DAK reguler fokus pada pemenuhan pelayanan dasar  seperti pendidikan, Kesehatan dan percepatan konektivitas,’’ urai Lolowang.

Menurutnya, tahun 2021, DAK reguler diperuntukkan bagi percepatan pembangunan Kawasan Barat Indonesia (KBI) dan Kawasan Timur Indonesia (KTI). Daerah afirmasi menjadi lokasi prioritas keberpihakan untuk 2.112 kecamatan di 181 kabupaten dan kota.

Sementara DAK penugasan untuk lokasi prioritas tertentu (kawasan barat dan timur Indonesia) sesuai target prioritas nasional.

‘’Untuk DAK Non Fisik terdiri dari pelayanan dasar yakni pendidikan dan kesehatan serta non pelayanan dasar sesuai amanat perundangan-undangan serta Direktif Presiden. Ada dua DAK Non Fisik baru yaitu pengendalian penanaman modal dan perlindungan perempuan dan anak,’’ jelasnya. (ark)