Pemkot Tomohon Siap Ikut Lomba Inovasi Daerah Hadapi New Normal Life

Rapat persiapan ikut lomba inovasi daerah hadapi new normal life
Rapat persiapan ikut lomba inovasi daerah hadapi new normal life

TOMOHON, (manadotoday.co.id)—Pmerintah Kota Tomohoin menyatakan siap mengikuti Lomba Inovasi Daerah menghadapi New Normal Life di situasi Pandemi Covid-19 yang dihelat pemerintah pusat.

Untuk itu, Rabu (3/6/2020) dilaksanakan rapat di Command Center membahas persiapan dalam mengikuti lomba dipimpin Sekretaris Kota Ir Harold V Lolowang MSc MTh mewakili Wali Kota Tomohon Jimmy Feidie Eman SE Ak CA.

Menurut Lolowang, Pemkot Tomohon akan mengoptimalkan penilaian dari 7 sektor yang harus dipenuhi yakni Pasar Tradisonal C-19, Pasar Modern C-19, Restoran C-19, Hotel C-19, Pelayanan Terpadu Satu Pintu C-19, Tempat Wisata C-19 dan Transportasi Umum C-19.

‘’Untuk mewujudkannya, tentunya ada dukungan dan partisipasi aktif dari seluruh komponen masyarakat sehingga inovasi ini dapat terlaksana dengan sukses,’’ kata Lolowang.

Ditambahkan Lolowang rapat yang dilaksanakan juga merupakan tindak lanjut Radiogram Kementerian Dalam Negeri Republik Indonesia Nomor 440/3300/SJ tentang Lomba Inovasi Daerah dalam Menghadapi New Normal Life pada situasi Pandemi Covid-19.

Pemerintah pusat sendiri telah membuat skenario-skenario untuk mengatasi Pandemi Covid-19 dan telah bergerak untuk menyusun protokol-protokol agar seluruh masyarakat aman dari Covid-19 tapi aktivitas tetap produktif.

Fokus lomba inovasi ini adalah menyongsong tatanan normal baru. Diharapkan lewat lomba itu, daerah dapat membuat protokol sekaligus simulasi yang dapat dilihat dengan cara membuat video.

Tim juri dalam lomba berasal dari Kemendagri, Kementerian Keuangan, Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19, Kementerian Pariwisata dan Kementerian Kesehatan.

Output lomba dalam bentuk video yang bisa menggambarkan protokol kesehatan dijalankan, misalnya bagaimana semua orang itu memakai masker, ada tempat cuci tangan, pembagian hand sanitizer atau sarung tangan untuk yang memberikan pelayanan dan seperti apa pengaturan dalam memastikan jaga jarak itu dipatuhi. (ark)