Lima Pansel “Kuliti” Tiga Kandidat Calon Sekda Mitra

received_2721140584838437MANADO, (manadotoday.co.id) – Tiga kandidat calon Sekda Minahasa Tenggara (Mitra) masuk ke tahap seleksi wawancara yang digelar d Kantor Gubermur Sulut, Rabu (27/5/2020).

Seleksi dilakukan Pansel yang diketuai DR W.J Kumendong (akademisi) bersama Sekretaris Asiano Gammy Kawatu SE MSi (Asisten III Sekprov Sulut) dan anggota Jeffry Korengkeng SH MSi (Kaban Keuangan Pemprov Sulut), DR Selpius Kandou MAP (Akademisi), serta Ir Jhon Umboh MSc (Profesional).

Kelimanya ‘mengkuliti’ para calon Sekda Minahasa Tenggara masing-masing David Lalando AP MM, Djelly Waruis MSi, dan Drs Piether Owu ME.

“Tahapan seleksi ini yang dilaksanakan yaitu penyusunan dan pemaparan makalah serta mewawancarai para calon Sekda ini oleh pihak Pansel,” kata Kepala Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Marie Makalow.

Dia mengungkapkan, setelah selesai tahapan tersebut, pihak Pansel yang merampungkan nilai ketiga calon sekda tersebut.

“Setelah tahapannya sudah selesai semuanya, Pansel akan segera merampungkan proses penilaiannya. Dari proses assessment, penulisan makalah, sampai wawancara,” ungkapnya.

Lebih lanjut dijelaskannya, hasil seleksi tersebut akan disampaikan ke Bupati James Sumendap untuk kemudian berproses ke Gubernur sampai ke Komisi Aparatur Sipil Negara (KASN).

“Nantinya bupati akan menyampaikan rekomendasi ke Gubernur dan KASN. Kami berharap proses tidak terlalu lama,” jelasnya.

Ia menambahkan, selain pelantikan Sekda Mitra, nantinya bakal ada juga pelantikan pejabat baru yang bekal mengisi posisi jabatan kosong yang ada saat ini.

“Secepat mungkin, saat hasil pejabat keluar sebagai Sekda, akan langsung diatur siapa yang bakal dilantik. Juga ada pelantikan pejabat baru yang bakal mengisi jabatan kosong di beberapa posisi,”ucapnya.

Diketahui proses pelaksanaan tes tersebut tetap mengutamakan protokol kesehatan pencegahan COVID-19.(ten)