Minahasa Raih WTP ke 6 Kali, ROR-RD: Bukti Sinergitas yang Efektif dari Semua Komponen

minahasa3   TONDANO, (manadotoday.co.id)  – Bupati Minahasa Dr Ir Royke O Roring M.Si IPU (ROR) bersama Wakil Bupati Robby Dondokambey S.Si MM, mengucap syukur kepada Tuhan karena di tengah-tengah situasi pandemi Covid-19 ini, Kabupaten Minahasa boleh mempertahankan predikat WTP untuk ke-6 kalinya.

Oleh karenanya ROR RD mengajak semua komponen baik Forkopimda, Pimpinan dan Anggota DPRD, Sekda, seluruh jajaran, dan masyarakat Minahasa untuk memanjatkan Puji Syukur atas tuntunan dan penyertaan Tuhan dalam penyelenggaraan Pemerintahan di Tahun 2019, sehingga bisa meraih prestasi memperoleh WTP atas pengelolaan keuangan Daerah.

minahasaMenurut ROR, Bupati Pilihan Rakyat Minahasa ini, WTP ini sepenuhnya berada dibawah kendali ROR-RD sebagai Bupati dan Wakil Bupati Minahasa yang tentunya berbeda dengan WTP yang diperoleh atas pengelolaan Keuangan Daerah tahun 2018 yang merupakan hasil dari 3 masa kepemimimpinan di Minahasa, yaitu dari Bupati periode sebelumnya, Penjabat Bupati dan diakhir tahun dirinya dan Bapak Robby Dondokambey, SE.

“Prestasi ini merupakan hasil kerja keras dan sinergitas semua komponen bangsa yang ada di Daerah ini dan karena itu prestasi ini dipersembahkan untuk Rakyat Minahasa, ” ujar ROR, Senin (11/5/2020).
Diraihnya opini WTP dari BPK atas Laporan Hasil Pemeriksaan (LHP), Laporan Keuangan Pemerintah Daerah (LKPD) tahun anminahasa4ggaran 2019 ini, ditengah situasi pandemi Covid-19, menambah deretan prestasi ROR-RD dengan capaian enam kali WTP berturut-turut.

Bupati ROR, mengaku bangga dengan predikat wajar tanpa pengecualian (WTP) yang diraih. Pasalnya, penghargaan ini membuktikan bahwa pelaksanaan pemerintahan di Minahasa, khususnya pengelolaan keuangan berjalan dengan baik, transparan dan akuntabel.

ROR – RD juga menyampaikan terima kasih kepada semua pihak baik seluruh jajaran, Pimpinan dminahasa7an anggota DPRD, Forkopimda serta semua elemen masyarakat Minahasa yang secara langsung maupun tidak langsung telah ikut memberikan topangan dan dukungan, sehingga Kabupaten Minahasa mampu mempertahankan prestasi WTP dalam pengelolaan Keuangan Daerah.

“Secara khusus tentu, saya dan Wakil Bupati memberikan apresiasi dan terima kasih Kepada BPK Perwakilan Sulut Bapak Karyadi sebagai Penanggung Jawab Tim, Bapak Nurendro Adi Kusuma sebagai Wakil Penanggung Jawab, Bapak Abdul Somad sebagai pengendali tehnis, serta Ketua Tim Bapak Rheinhard Lumban Batu, dan seluruh anggota Tim Auditor yakni Yoan Trifyani Tandi, Ade Santoyo Prastomo, Indra Pramana Raharjo, Anugrah Alviontika Tana yang tidak henti hentinya memberikan bimbingan, arahan, petunjuk dan bahkan semangat kepada seluruh jajaran Pemerintahan untuk proaktif dan responsif dalam melengkapi semua dokumen pertanggungjawaban yang diminta Tim , ” tutur Bupati.

Selanjutnya, kepada seluruh Perangkat Daerah ROR berharap minahasa5agar prestasi ini tidak membuat kita berpuas diri, tetapi justru makin meningkatkan kinerja pengelolaan keuangan agar lebih baik lagi kedepan.

“Semua Catatan dan petunjuk Tim Auditor agar dilaksanakan dengan sebaik baiknya, termasuk kedepan seluruh jajaran dimintakan agar makin disiplin, makin teliti, serta tetap mengedepankan aturan dan ketentuan yang berlaku sebagai fondasi bagi pengelolaan keuangan Daerah, ” terang Bupati pilihan rakyat Minahasa, kepada sejumlah wartawan usai mengikuti, acara penyerahan LHP LKPD TA 2019,  melalui video conference Senin, (11/5/2020).

Penyerahan LHP LKPD TA. 2019 oleh Kepala BPK RI Perwakilan Provinsi Sulut, Karyadi SE, MM, Ak, juga dihadiri Gubernur Sulut Olly Dondokambey SE dan secara serentak pada seluruh Kabupaten/Kota se Sulut.

Turut hadir mengikuti acara ini Ketua DPRD Kabupaten Minahasa Glady Kandouw, SE , Sekretaris Daerah Kabupaten Minahasa Friminahasa2okts Muntu S.sos, Asisten Administrasi Umum Dr. Vicky Tanor SPi MSi, Inspektur Daerah Ir Alva Montong, K.A BPKAD Drs Hanes Wagey MBA, Sekwan Drs Dolfie Kuron MBA, Kabag Prokopim Maya Kainde SH, MAP.  (rom)