Terbaik se-Sulut untuk Capaian MCP, Provinsi Dan Dua Kabupaten Belajar di Mitra

received_534917533863582RATAHAN, (manadotoday.co.id) – Menjadi daerah terbaik di Sulawesi Utara (Sulut) dalam Monitoring Center of Prevention (MCP) dengan capaian tertinggi yakni 91 persen, membuat provinsi dan dua kabupaten di Sulut membuka konsultasi dengan Pemkab Mitra.

“Hingga saat ini sudah dua Kabupaten di Sulut, yakni Minsel dan Talaud, serta pihak Provinsi Sulut yang berkonsultasi dengan kami Unit Kerja Pengadaan Barang dan Jasa (UKPBJ) Mitra terkait indikator pengadaan barang dan jasa,” ungkap Kepala Bagian UKPBJ Budi Raranta via pesan singkat whatsapp, Jumat (8/5/2020).

Lanjut dijelaskannya, dalam tahap ini konsultasi yang dilakukan melalui hubungan telekomunikasi atau saluran telepon.

“Konsultasi awal yang dilakukan ini melalui saluran telepon ke help desk LPSE (Layanan Pengadaan Secara Elektronik) di UKPBJ Pemkab Mitra,” pungkas Budi Raranta.

Hal ini jelas merupakan prestasi yang membanggakan dan ini bisa terwujud berkat kerja keras seluruh jajaran Pemkab Mitra di bawah pimpinan Bupati James Sumendap dan Wakil Bupati Jesaja Legi.

Diketahui dalam hasil MCP yang disampaikan Koordinasi dan Supervisi Bidang Pencegahan (Korsupgah) Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) RI, Senin (4/5/2020), Pemkab Mitra raih capaian tertinggi di Sulawesi Utara (Sulut), yakni 91 persen.

Adapun delapan area intervensi perencanaan yang jadi indikator penilaian khusus, yakni perencanaan dan penganggaran APBD, pengadaan barang dan jasa, pelayanan terpadu satu pintu, Kapabilitas APIP, manajemen ASN, dana desa, optimalisasi pendapatan daerah, dan manajemen aset daerah.

Dari delapan indikator tersebut hampir seluruhnya Mitra capai hasil teratas, kecuali manajemen ASN, optimalisasi pendapatan daerah, dan optimalisasi pelayanan terpadu satu pintu.(ten)