Dampak Covid-19, Made Alit Ajak Masyarakat Mitra Galakkan Gerak Cepat Tanam

Dampak Pandemi Covid-19, Made Alit Ajak Masyarakat Mitra Galakkan Gerak Cepat TanamRATAHAN, (manadotoday­.co.id) – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Minahasa Tenggara (Mitra) melalui Dinas Ketahanan Pangan, mengimbau masyarakat untuk memanfaatkan pekarangan di tengah masa pandemi darurat bencana non alam Virus Corona (Covid-19) saat ini.

“Kita belum tahu sampai kapan ini berakhir. Untuk mengantisipasi dampak yang disertai di bidang ekonomi, khususnya pangan, kami mengajak masyarakat untuk menggalakkan Gerak Cepat Tanam (GCT),” ungkap Kepala Dinas Ketahanan Pangan (DKP) Made Alit, Kamis (7/5/2020).

Menurutnya, dengan program GCT ini maka masyarakat akan terbantu dari sisi ekonomi, terutama ketersediaan kebutuhan pangan keluarga.

“Mari manfaatkan pekarangan dan lahan kosong dengan menanam tanaman penghasil pangan yang berbasis keluarga, seperti yang telah dicontohkan Bupati James Sumendap dan Wakil Bupati Jesaja Legi,” tandas Made Alit.

Dijelaskannya, paling utama adalah niat masyarakat untuk beradaptasi dengan keadaan, dengan begitu pekarangan dan lahan kosong bisa dimanfaatkan dengan ditanami berbagai tanaman, seperti padi, umbi-umbian, pisang, jagung, rica atau cabai, tomat, daun bawang, dan bawang merah.

“Manusia dianugerahi dengan kemampuan untuk beradaptasi. Karenanya mari kita saling mendukung dan berupaya mengurangi dampak COVID-19 ini dengan memanfaatkan pekarangan dan lahan kosong. Bahkan GCT ini dapat dilakukan secara swadaya atau partisipatif,” pungkas Made Alit.(ten)