Hardiknas, Gubernur Olly Serahkan Sembako Bagi Siswa Kurang Mampu

Hardiknas Tahun 2020
Gubernur Olly Dondokambey ketika memberikan bantuan kepada siswa pada peringatan Hardiknas Tahun 2020.

SULUT, (manadotoday.co.id) – Gubernur Sulawesi Utara (Sulut) Olly Dondokambey mengatakan, Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) tahun ini diperingati dengan cara yang berbeda akibat adanya pandemi covid-19.

Dalam peringatan hari lahir tokoh pendidikan Indonesia Ki Hadjar Dewantara ini, tak ada upacara bendera yang diselenggarakan oleh satuan pendidikan hingga kantor pemerintahan untuk mencegah penyebaran covid-19.

“Sesuai dengan petunjuk dari menteri pendidikan, maka hari ini kita memperingati Hardiknas dengan melakukan kegiatan bersama tetapi berada di tempat masing-masing. Upacara secara seremonial sudah kita tidak laksanakan karena kita sedang menghadapi pandemi covid-19,” kata Olly saat menghadiri acara gerakan kasih Dinas Pendidikan Daerah Provinsi Sulut bersama ASN dan THL dalam rangka Hardiknas dan peduli dampak covid-19 di Manado, Sabtu (2/5/2020).

Meskipun demikian, Olly memastikan bahwa pandemi covid-19 tak mengurangi kepedulian dan rasa kemanusiaan Pemprov Sulut dengan memberikan bantuan sembako bagi para siswa SMA/SMK/SLB kurang mampu.

Selain itu, gerakan kasih ASN dan THL ini juga memberikan bantuan sembako bagi warga sekolah dan masyarakat sekitar sekolah yang terdampak Pandemi Covid di sekolah 15 Kabupaten/Kota dan 10 Cabang Dinas Pendidikan Daerah Provinsi Sulut.

Gubernur Olly menyerahkan bantuan sembako tersebut secara simbolis ke 5 siswa kurang mampu sambil disaksikan Sekdaprov Sulut Edwin Silangen dan Kadis Dikda Grace Punuh.

“Bantuan yang diserahkan pada hari ini juga adalah bagian upaya dari Pemprov Sulut dalam penanganan dampak dari pandemi covid-19 ini, kiranya bantuan ini akan bermanfaat bagi keluarga penerima, baik adik-adik siswa SMA/SMK/SLB yang terdampak covid-19 sehingga perlu disampaikan kembali bahwa dalam upaya pencegahan penyebaran covid-19 kita masih berlaku dengan kebijakan belajar dari rumah bagi semua pelajar yang ada di Sulut,” ungkap Olly.

Selain itu, untuk mengotimalkan kegiatan belajar siswa selama pandemi covid-19, orang nomor satu di Sulut ini mengimbau seluruh kepala sekolah dan tenaga pengajar untuk selalu mengawasi kegiatan belajar siswa di sekolah.

“Saya sangat mengharapkan para kepala sekolah, guru-guru dan tentunya orang tua akan senantiasa memantau setiap siswanya melaksanakan belajar dari rumah. Begitu pula para seluruh anak-anak sekolah, manfaatkanlah situasi kondisi yang saat ini untuk lebih banyak di rumah , lebih banyak belajar dan tentunya itu selalu berkomunikasi dengan guru-guru lewat sarana prasarana yang sudah disiapkan oleh pemerintah sambil tetap membudayakan hidup bersih dan sehat serta mematuhi ketentuan yang ditetapkan pemerintah,” ujar Olly.

“Semoga pandemi covid-19 cepat berakhir sehingga kita dapat melaksanakan rutinitas lagi seperti sediakala dan bersama sama menjadikan Sulut tercinta,” pungkasnya. (ton)