Dampak Corona, Pemkab Mitra dan BPBAT Bantu Ratusan Pembudidaya

received_882514492265511RATAHAN, (manadotoday.co.id) – Pemkab Mitra dan Balai Perikanan Budidaya Air Tawar (BPBAT) Tatelu dalamcmengatasi dampak pandemi Covid-19 melaksanakan penyerahan bantuan benih ikan, calon induk serta paket Minapadi bagi ratusan pembudidaya di Mitra,Kamis (30/4/2020).

Pemberian bantuan yang dilaksanakan di dua lokasi yakni perkebunan Ranombolay dan BBI Towuntu Timur tersebut diserahkan langsung oleh Wakil Bupati Mitra, Drs. Joke Legi, didampingi Kepala Dinas Perikanan, Ir. Vecky Monigir, ME serta Kepala BPBAT Tatelu, Fernando Simanjuntak, S.ST.Pi.

Wakil Bupati Mitra Jocke Legi meminta bantuan yang diberikan harus benar-benar dimanfaatkan oleh para pembudidaya untuk nantinya bisa menambah pendapatan.

“Ketika sudah menerima bantuan, mari kita jaga dan pelihara, bahkan bisa kita kembangkan guna menambah pendapatan pembudidaya, apalagi ditengah situasi pandemi sekarang ini,” ujar Legi seraya mengapresiasi kinerja Dinas Perikanan bersama BPBAT yang terus melakukan pembinaan terhadap kelompok pembudidaya di Mitra.

Adapun jumlah bantuan yang diserahkan ini, menurut Kepala BPBAT Tatelu, terdiri dari 495.000 ekor benih Ikan Nila untuk 29 Kelompok, 4.400 ekor calon induk Ikan untuk 13 kelompok, serta paket bantuan Minapadi untuk 1 kelompok.

“Kesemuanya diberikan untuk kelompok Pembudidaya ikan yang merupakan binaan Dinas Perikanan,” ungkap Simanjuntak.

Sementara itu, Kepala Dinas Perikanan Dan Kelautan Kabupaten Minahasa Tenggara (Mitra) Vecky Monigir menambahkan, penyerahan bantuan ini tetap menerapkan prosedur pencegahan penularan Covid-19.

“Karena penyerahan bantuan ini melibatkan ratusan orang yang tergabung dalam puluhan kelompok penerima, maka kami membatasi jumlah anggota yang datang hanya sebanyak 2 orang dengan tentunya harus menggunakan masker, serta membagi jadwal waktu pengambilan bantuan agar tidak terkumpul banyak orang diwaktu yang bersamaan,” pungkas Monigir.(ten)