Aktifitas Gunung Lokon Meningkat, Sundah Minta Masyarakat Waspada

Gunung Lokon menunjukkan peningkatan aktifitas
Gunung Lokon menunjukkan peningkatan aktifitas

TOMOHON, (manadotoday.co.id)—Aktifitas Gunung Lokon di Kota Tomohon Sulawesi Utara akhir-akhir ini meningkat, ditandai dengan gempa vulkanik. Untuk itu, Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Tomohon Djemmy J Sundah meminta masyarakat Tomohon untuk waspada.

‘’Jangan dulu beraktifitas di seputaran Kawah Tompaluan, kareba sewaktu-waktu Gunung Lokon bisa memuntahkan material,’’ ujar Sundah.

Ia meminta pihak terkait dalam hal ini Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Tomohon bersama pemerintah setempat agar melarang masyarakat untuk mendaki.

‘’Harus ada imbauan hingga larangan untuk mendaki. Karena, bisa saja warga Tomohon tidak mendaki namun warga dari luar Tomohon nekad melakukan pendakian,’’ tukasnya.

Sebelumnmya, Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi Gunung Lokon dan Mahawu Farid Bina mengungkapkan, gempa vulkanik yang ditunjukkan Gunung Lokon akhir-akhir ini menandakan ada suplay magma/gas, atau migrasi magma dari suatu kedalaman menuju daerah lebih dangkal.menandakan ada suplay magma/gas, atau migrasi magma dari suatu kedalaman menuju daerah lebih dangkal. Dengan adanya akumulasi gempa terus-menerus tersebut, bisa memicu material naik dan menyebabkan letusan. (ark)