Dinkes Latih Pemakaian APD untuk Tim Sukarela Pemakaman Jenasah Covid 19

Maya RambitanTONDANO, (manadotoday.co.id)  – Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Minahasa melakukan sosialisasi dan pelatihan penggunaan Alat Pelindung Diri (APD), berdasarkan Protap kesehatan bagi tim sukarela pemakaman korban Covid 19 di aula Polres Minahasa, Jumat (24/4/2020).

Menurut Kadis Kesehatan dr Maya Rambitan M.Kes para sukarelawan terdiri dari personil Polres dan Kodim Minahasa, personil Satuan Polisi Pamong Praja (Sat Pol PP) serta personil Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Minahasa.

“Pelatihan ini dilakukan sebagai tindak lanjut atas pembentukan tim pemakaman jenazah Covid-19 , ” ujar Rambitan.

Lanjut dikatakan Rambitan, dalam kegiatan ini seluruh peserta diajarkan bagaimana cara penggunaan APD yang baik dan benar. Terutama penggunaan APD khususnya Hazmat Suit. Mulai dari cara pemakaian hingga pelepasan APD. Selain itu juga diajarkan hal-hal yang dilakukan usai menggunakan APD.

“Berdasarkan protap setelah melaksanakan pemakaman jenazah, para relawan wajib membersihkan badan begitu sampai di rumah. Pakaian yang digunakan juga harus langsung direndam, kemudian untuk APD langsung di letakkan di tempat khusus untuk dibuang atau dibakar ,” tutur Rambitan. (rom)