Wagub Kandouw Vidcon OJK, Akses Relaksasi Debitur Dibuka Sebesar-besarnya

steven kandouw
Wagub Sulut Steven O.E. Kandouw, ketika mengadakan rapat video conference bersama Perwakilan Otoritas Jasa Keuangan dan Perusahaan Leasing, serta Perwakilan Debitur.

SULUT, (manadotoday.co.id) – Pemprov Sulawesi Utara (Sulut) menfasilitasi aspirasi masyarakat terkait relaksasi cicilan kredit pembiayaan. Wagub Sulut Steven O.E. Kandouw pun mengadakan rapat video conference bersama Perwakilan Otoritas Jasa Keuangan dan Perusahaan Leasing, serta Perwakilan Debitur.

“Pemprov menfasilitasi OJK, Perusahan Peminjaman dan debitur untuk membicarakan soal relaksasi,” ujar Kandouw, Rabu (29/4/2020).

Diketahui, rapat secara online itu dihadiri pula perwakilan lembaga non keuangan (leasing) dan perwakilan debitur. Sementara dari Pemprov Sulut, dihadiri Asisten II Praseno Hadi dan Karo Ekonomi Hanny Wajong.

Hasil pertemuan itu, Wagub Kandouw mengatakan semua sepakat diberikan akses bagi debitur untuk mendapatkan relaksasi cicilan.

“Akses untuk debitur dibuka sebesar-besarnya,” ujarnya.

Kandouw mengatakan, rapat itu membahas realisasi Peraturan OJK nomor 11 tentang stimulus ekonomi, dan Peraturan OJK nomor 14 tentang restrukturisasi perusahaan pembiayaan.

“Harapannya untuk membantu masyarakat mendapatkan fasilitas keringanan tersebut secara lebih jelas, gampang dan cepat,” ungkapnya.

Kandouw mengatakan, ada 10.854 debitur terdampak situasi penyebaran Covid 19. Total nilai mencapai Rp 527 miliar.

Dari penyampaian di dalam Vidcon tersebut ternyata sudah terestrukturisasi sebanyak  5.000 debitur dengan nilai Rp 234 miliar.

“Jadi sudah 44 persen debitur,” ungkap dia.

OJK juga membuka layanan hotline bagi debitur-debitur yang membutuhkan informasi dan keluhan. Tak melihat status, bahkan ASN yang pujya cicilan kendaraan misalnya juga bisa daat relaksasi.

Pemprov Sulut juga mendorong kebijakan membantu di sisi pembayaran pajak kendaraan.

“Tidak ada denda keterlambatan,tidak ada pajak progresif utk CC tertentu,” kata Kandouw, sembari menambahkan dari Bapenda juga diberikan keringan. (*/ton)