20.834 KK di Minahasa Terima Bansos Tahap I

ROR RD : Pemerintah Hadir untuk Lindungi Masyarakat

Roy RoringTONDANO, (manadotoday.co.id)  –  Pemerintah kabupaten Minahasa, melalui Bupati Minahasa Dr Ir Royke O Roring M.Si IPU (ROR) dan Wakil Bupati Robby Dondokambey S.Si, (RD) memberikan bantuan sosial (Bansos) akibat dampak penyebaran Covid 19 atau Virus Corona, bagi 20.834 kepala keluarga (KK).

Dikatakan Bupati bansos  tahap pertama yang diberikan pemerintah kabupaten Minahasa, sudah tersalur semuanya kepada penerima hingga Kamis (9/4/2020). “Bansos yang terdiri dari beras, minyak goreng, telur, mie instan dan vitamin, semuanya sudah disalurkan kepada warga hingga batas waktu yang di instruksikan yakni sebelum perayaan Jumat Agung atau Kamis besok , ” ujar Bupati, Sabtu (11/4/2020).

RD1Lanjut Bupati, distribusi bansos sedianya sudah dimulai sejak Selasa (7/4/2020) di Wale Ne Tou Minahasa. Dari Wale Ne Tou Minahasa bansos diterima oleh masing-masing Camat, kemudian bansos di angkut dengan kendaraan untuk selanjutnya di antar langsung ke masing-masing Desa/Kelurahan untuk dibagikan kepada warga dengan pengawasan ketat oleh Gugus Tugas Covid 19, TNI, Polri, Lurah/Hukum Tua dan juga masyarakat.

“Sesuai data ada 20.834 kepala keluarga (KK) yang berhak untuk mendapatkan bansos ini. Bansos ini diberikan bagi warga yang terdampak penyebaran Virus Covid 19. Kiranya bantuan ini bisa membantu dan meringankan beban , ” tutur Bupati.

Pemkab MinahasaBantuan sosial  tahap I disalurkan kepada pekerja harian seperti keluarga Tukang Ojek, Kusir Bendi, Sopir, Buruh Harian, keluarga Pasien Dalam Pengawasan (PDP) serta keluarga Orang Dalam Pengawasan (ODP) dan warga yang termasuk dalam penerima Bantuan Pangan Non Tunai.

“Bantuan ini mungkin nilainya tak seberapa, tapi dengan adanya bantuan ini beban masyarakat bisa berkurang. Ini merupakan tanda bahwa pemerintah hadir dan wajib memberi rasa aman dan nyaman , ” ‘tegas Bupati.

minahasaSementara itu, Wakil Bupati Robby Dondokambey S.Si mengatakan bansos ini akan diberikan hingga tiga tahap. Pemberian bansos ini merupakan bentuk kepedulian dan tanggung-jawab pemerintah bagi masyarakat atas mewabahnya Covid 19.

minahasa“Pemerintah memiliki kewajiban melayani masyarakat termasuk memberikan bantuan ketika ditimpah bencana seperti ini , ” tutur Wabup.

Diakui bahwa bantuan ini belum maksimal dan memuaskan bagi masyarakat. Terbukti banyaknya keluhan dari masyarakat. Pemerintah kedepan akan lebih memaksimalkan bantuan ini agar benar-benar diterima oleh yang benar-benar berhak dan tak ada penyalahgunaan bantuan.

“Tahap kedua pengawasan akan lebih ketat. Meski begitu, penyaluran bansos tahap satu telah berlangsung baik dan lancar. Semua harus dievaluasi agar kedepan lebih baik dan masyarakat benar-benar menikmati bantuan dari pemerintah, ” tegasnya. ROR RD mengingatkan agar masyarakat tetap melaksanakan protokol kesehatan yakni di rumah saja, rajin cuci tangan, gunakan masker dan terus berdoa.  (rom)