Bupati Roring Rapat Dinas bersama Forkopimda Bahas Virus Corona

minahasaTONDANO, (manadotoday.co.id)  – Mengantisipasi penyebaran virus corona (covid-19) Bupati Minahasa Dr. Ir. Royke O. Roring, M.Si, IPU, Asean.Eng menggelar rapat dinas bersama Forkopimda Minahasa, di ruang rapat Bupati Minahasa. Senin, 16 Maret 2020.

Dalam rapat ini Bupati Minahasa bersama Forkopimda membahas tentang penanganan pengawasan virus corona (covid 19) yang sementara meresahkan bangsa Indonesia. ” Pemerintah Kabupaten Minahasa bersama Forkopimda menjamin meningkatkan kinerja dan pengawasan pemerintah terhadap covid 19 lewat instansi-instansi terkait dan telah mengeluarkan himbauan kepada masyarakat tentang penanganan dini covid 19, ” ujar Bupati.

“Kepada masyarakat untuk tidak khawatir berlebihan dan melaksanakan himbauan yang dikeluarkan pemerintah dengan mengkarantina diri sendiri, terutama kepada mereka yang baru pulang dari luar negeri, ” terang Bupati. Selain itu pemerintah telah mengeluarkan Instruksi Bupati untuk libur sekolah paud/TK, SD dan SMP baik swasta maupun negeri untuk memutuskan rantai penyebaran covid 19.

Berikut merupakan himbauan dari WHO :
Mencegah virus korona / covid 19:
1. Virus korona dapat hidup di tangan kita selama 10 menit. Simpanlah sterilizer beralkohol di dalam kantong kita untuk pencegahan
2. Virus Korona menempel pada kain bertahan selama 9 jam. Cucilah pakaian atau jemur dibawah sinar matahari selama 2 jam untuk membunuhnya
3. Virus Korona (covid 19) besar ukurannya dengan diameter sel sebesar 400 – 500 micro. Semua jenis masker dapat mencegah masuknya virus ini.
4. Virus Korona yang menempel pada permukaan logam akan bertahan selama 12 jam, jadi mencuci tangan dengan menggunakan sabun dan air sudah cukup.
5. Berkumurlah dengan air hangat dan tambahkan garam untuk membunuh kuman-kuman dan untuk mencegahnya masuk kedalam paru-paru.
6. Bila virus terpapar di temperatur 26-27c, virus tersebut akan mati, oleh sebab itu virus ini tidak hidup di daerah panas. Minum air hangat san berjemur dibawah matahari juga akan bermanfaat dan disarankan untuk tidak mengkonsumsi es krim dan makanan dingin.
7. Virus korona tidak menetap di udara tetapi menempel di permukaan benda, jadi virus ini tidak ditularkan dari udara.
8. Jika ada sedang sakiy gunakan masker untuk mencegah
Penularan.

“Masyarakat diminta untuk membantu Pemerintah dalam mengawasi, apabila ada yang memiliki tanda tanda virus corona / covid 19 untuk segera dibawah ke rumah sakit terdekat,” harap Bupati.

Rapat ini dihadiri oleh kajari Minahasa Rakhmat Budiman Taufani,SH,M.Kn , dandim 1302 Minahasa Letkol (Inf) Slamet Raharjo, S.Sos, Kapolres Minahasa AKBP Denny Situmorang. SIK, Ketua DPRD Kab. Minahasa Glady Kandouw,SE , Sekretaris Daerah Kab. Minahasa Frits R. Muntu, S.Sos, Asisten Pemerintahan dan Kesra DR. Denny Mangala, MSi, Kaban Kesbangpol Ir. Janny H. Moniung. (rom)