Bupati Minahasa Himbau Warga Patuhi Protokol Pencegahan Virus Covid-19

rorTONDANO, (manadotoday.co.id)  – Seruan pencegahan bersama wabah virus corona atau covid-19 rutin disampaikan Pemerintah Kabupaten Minahasa. Disamping berbagai upaya yang dilakukan pemerintah, masyarakat juga diminta tetap mematuhi himbauan-himbauan yang telah diedarkan.

“Penyakit corona ini bisa ditanggulangi asalkan ada upaya bersama baik pemerintah maupun masyarakat. Akan percuma semua cara yang telah kita lakukan selama ini ketika masyarakat banyak yang tidak menaati larangan-larangan yang sering disampaikan,” kata Bupati Minahasa Dr Ir Royke Octavian Roring MSi.

Jajaran Pemkab Minahasa sampai hari ini tetap melakukan sterilisasi virus dengan penyemprotan disinfektan di sarana-sarana umum masyarakat serta tempat ibadah. Untuk itu Bupati memohon kepada masyarakat untuk betul-betul menerapkan social distancing atau membatasi perkumpulan banyak orang serta menjaga kebersihan tubuh dengan rutin mencuci tangan.

Bupati juga mengingatkan semua pemilik usaha tempat makan dan perbelanjaan untuk dapat menyediakan wadah tempat cuci tangan atau hand sanitizer. Hal yang sama dihimbau bagi kantor-kantor pemerintah maupun swasta.

“Social distancing harus dilakukan dengan sungguh sungguh, usaha prefentif dengan penyemprotan, pemakaian masker dan cuci tangan hasilnya tidak akan maksimal, jika tidak dipatuhi. Dibutuhkan kesungguhan semua pihak untuk mencegah bersama penyebaran virua corona ini,” tandasnya.

Proses sterilisasi virus melalui penyemprotan disinfektan juga diharapkan bisa optimal untuk membunuh virus. Tak perlu menunggu fogging dari pemerintah, masyarakat juga bisa membuat formula disinfektan dengan bahan-bahan sederhana yang mudah didapat di toko-toko untuk disemprotkan di masing-masing rumah.

“Caranya yaitu hanya menyediakan 5 liter air untuk dicampurkan dengan 10 sendok bayclin, 10 sendok karbol dan 1 tutup botol pembersih lantai , ” tutur Bupati. (rom)