Cegah Covid 19, Disdukcapil Mitra Berlakukan Pelayanan via WA

Cegah Covid 19, Disdukcapil Mitra Berlakukan Pelayanan Via WhatsAppRATAHAN, (manadotoday­.co.id) РDinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Minahasa Tenggara (Mitra) mulai Senin (23/3/2020) memberlakukan pelayanan pengurusan dokumen kependudukan secara online, dengan memanfaatkan media sosial melalui WhatsApp (WA). Hal tersebut dilakukan untuk mengurangi risiko penularan Virus Corona (Covid-19).

“Kita tak memberlakukan pelayanan langsung, tidak bersentuhan langsung dengan masyarakat. Tapi, tetap ada pelayanan secara online melalui WhatsApp,” kata Kepala Disdukcapil Mitra, Elly Sangian ME, Senin (23/3/2020).

Lebih lanjut, mantan kadis pertanian ini mengatakan, pelayanan online disesuaikan dengan masa inkubasi Virus Corona.

“Mulai hari ini sampai waktu yang dinyatakan aman oleh pemerintah pusat baru akan dikembalikan pelayanan secara normal atau seperti biasanya. Dan untuk sekarang ada wmpat bidang siap melayani pelayanan masyarakat secara online, makanya setiap bidang kami tetapkan saty satu orang ASN dan satu dari THL bekerja di kantor untuk melayani masyarakat melalui online ini,” tukas Sangian.

Meski begitu, Elsa menyebutkan ada dua dokumen yang tak bisa dilayani secara online, karena membutukan kehadiran orangnya.

“Ya seperti pembuatan e-KTP. Karena harus sidik jari di alat dan juga di mata, kemudian data pengumuman nikah. Kedua dokumen ini membutuhkan kehadiran orangnya, kami harapkan jika kedua dokumen ini jika belum terlalu penting digunakan, baiknya masyarakat menunda dulu. Terkecuali sudah sangat mendesak,” sebutnya.

Selain itu, Kadis juga mengungkapkan, untuk memastikan pelayanan di Disdukcapil tetap jalan, tadi (kemarin red) Wakil Bupati Joke Legi mendatangi Kantor Disdukcapil untuk mengecek aktivitas yang di kantor.

“Pak wakil bupati tadi (kemarin red) datang mengecek pelayanan di kantor kami dan melihat aktivitas pelayanan pegawai kami serta memantau interaksi antara masyarakat yang melakukan pengurusan dokumen dan pegawai yang ada,” kata Elsa.

Dia menambahkan, dalam aktivitas pelayanan publik di kantornya saat ini, pihaknya tetap berinteraksi antar sesama pegawai via online.

“Kami disini saja komunikasi lewat online dengan memanfaatkan teleconference zoom. Jadi memastikan kerja para pegawai, walaupun berseblahan ruangan, kami tetap menggunakan teleconference zoom agar tetap aman dari Covid-19. Begitupun pegawai yang bekerja dari rumah,” tutup Sangian.(ten)

Add Comment