Dari Semula 11, Kini 9 Warga Tomohon Masuk ODP

TOMOHON, (manadotoday.co.id)—Upaya pencegahan dan penanggulangan terhadap Virus Corona (Covid-19) terus dilakukan Pemerintah Kota (Pemkot) Tomohon. Kabar terakhir, dari 11 yang semula ditetapkan sebagai Orang Dalam Pemantauan (ODP), kini tinggal 9, didominasi yang berusia di atas 50 tahun.

Sekretaris Kota Tomohon IR Harold V Lolowang MSc MTh
Sekretaris Kota Tomohon IR Harold V Lolowang MSc MTh

Hal itu diungkapkan Wali Kota Tomohon Jimmy Feidie Eman SE Ak CA melalui Sekretaris Kota Ir Harold V Lolowang MSc MTh Jumat (20/3/2020) kepada sejumlah wartawan.

Menurutnya, kesembilan orang tersebut memang belum menujukkan gejala sakit tapi memiliki riwayat perjalanan ke luar negeri atau daerah lain di Indonesia yang telah terjangkit virus.

‘’Ya, saat ini mereka dalam pemantauan oleh Dinas Kesehatan seperti pemeriksaan suhu tubuh serta pemeriksaan kesehatan lainnya,’’ jelas Lolowang seraya menambahkan, dua lainnya yang semula ditetapkan ODP telah dinyatakan bebas dari Virus Corona.

Secara terpisah, Kepala Dinas Kesehatan Kota Tomohon dr Deesje Liuw MBiomed menjelaskan, Pasien Dalam Pengawasan (PDP) adalah orang yang memiliki riwayat perjalanan ke Luar Negeri atau daerah lain di Indonesia yang terjangkit atau melakukan kontak dengan orang yang terjangkit dan sudah menunjukkan gejala sakit seperti demam, batuk, pilek dan atau sesak nafas. Orang dalam kategori ini sudah harus mendapat penanganan medis yang lebih intens.

Kategori sucpect, pasien yang memiliki riwayat perjalanan ke luar Negeri dan daerah lainnya di Indonesia yang terjangit Covid-19, yang sudah menunjukkan gejala terjangkit seperti suhu tubuh yang semakin tinggi, batuk dan pilek yang lebih sering dan sesak nafas, atau diduga kuat telah melakukan kontak dengan orang yang positif terjangkit Covid-19.

‘’Nah, terhadap mereka sudah harus dilakukan tindakan pemeriksaan specimen atau uji klinis lebih lanjut menurut metode yang ada, untuk mencari tahu status apakah positif atau negative,’’ jelas Liuw

Untuk itu, Pemerintah Kota Tomohon melalui Lolowang dan Liuw mengimbau kepada masyareakat agar tetap waspada dan tidak panik. Kepada masyarakat yang merasa punya riwayat perjalanan ke Luar Negeri atau daerah lain yang terjangkit serta pernah melakukan kontak dengan pasien positif Covid-19 agar segera melakukan konsultasi ke kelurahan atau instansi kesehatan terdekat. Begitu juga dengan masyarakat yang mengetahui di sekitar mereka ada orang yang mengalami hal demikian, agar juga segera berkonsultasi ke kelurahan atau instansi kesehatan terdekat.(ark)