Segera Miliki Izin Koprasi Pertambangan, Aliansi Masyarakat Lingkar Tambang Apresiasi Bupati JS

Segera Miliki Izin Koprasi Pertambangan, Aliansi Masyarakat Lingkar Tambang Apresiasi Bupati JSRATAHAN ,(manadotoday­.co.id) – Aliansi Masyarakat Lingkar Tambang memberikan apresiasi kepada Bupati James Sumendap SH, pasalnya, lewat dukungan dan arahan Pemerintah, masyarakat di wilayah Ratatotok segera memiliki izin Koprasi Pertambangan.

“Kami akan ikut arahan Bupati, kami tau semua ini karena kepadulian pak Bupati kepada kami masyarakat hingga telah membantu mengurus izin koprasi,” ujar Valdy Suak, Ketua Aliansi Masyrakat Lingkar Tambang.

Menurutnya, untuk perizinan ditahap Kabupaten sudah sebagian selesai.

“Akta koperasi dan pengesahan Kemenkumham sudah ada. Di perizinan satu pintu juga sudah selesai,”akunya.

Menurutnya, sesuai arahan Bupati Mitra, pihaknya akan pergi ke Dinas Kehutanan.

“Kita tinggal ke Dinas Kehutanan, kemudian kita kembali ke Kabupaten lagi. Intinya sudah 90 persen, dan itu semua berkat Bupati,” jelasnya.

Ia juga mengatakan, agar masyarakat yang menambang untuk menahan diri.

“Jangan ada yang bersikap anarkis dan lain-lain. Pemerintah sedang membantu kita semua, dan sebelum ijin keluar, kita jangan dulu beraktivitas. Kan pengurusan sudah hampir selesai,” ungkapnya.

Sementara itu Bupati Mitra James Sumedap mengatakan, bahwa pihaknya tidak akan mempersulit masyarakat.

“Intinya urus semua kelengkapan, kita akan bantu tetapi saya tegaskan agar tidak menggunakan merkuri, dan tidak melakukan penambangan di area kebun raya atau di lokasi penghijauan ex Newmont.,” tegas Bupati.

Ia juga mengingatkan kepada para penambang manual untuk perhatikan terhadap lingkungan

.”Baik keselamatan dan lingkungan harus diperhatikan,” akunya.(ten)