Jubir Satgas Covid-19 Sulut: 5 Pasien Dalam Pengawasan Diisolasi di RSUP Kandou Manado

dandel
Juru Bicara Satgas Pengendalian Covid-19 Provinsi Sulawesi Utara (Sulut) dr. Steven Dandel,

SULUT, (manadotoday.co.id) – Juru Bicara Satgas Pengendalian Covid-19 atau virus corona Provinsi Sulawesi Utara (Sulut) dr. Steven Dandel, mengatakan, 5 (lima) Pasien Dalam Pengawasan (PDP) dirawat secara intensif di ruang isolasi RSUP Prof Kandou Malalayang Manado, Kamis (19/3/2020).

“Kelima pasien dalam pengawasan tersebut dirawat di ruang isolasi untuk mencegah kemungkinan penularannya ke orang Iain. Saat ini kami masih menunggu hasil pemeriksaan sampelnya dari laboratorium kementerian kesehatan,” ujarnya.

Dikatakan Dandel, pihaknya juga menunggu hasil pemeriksaan 56 sampel yang sedang diperiksa di laboratorium. Sampel ini terdiri dari lima pasien dalam pengawasan Covid-19, satu pasien 58 Covid-19 yang sampel kedua hasilnya negatif, dan 50 sampel (orang yang melakukan kontak erat dengan pasien 58 Covid-19).

Dijelaskan Dandel, dari lima pasien dalam pengawasan tersebut, satu diantaranya merupakan perpindahan kriteria dari kontak erat resiko tinggi yang punya riwayat kontak dengan pasien yang terkonfirmasi (pasien 58 Covid-19).

“Sementara empat pasien tidak berhubungan dengan pasien yang terkonfirmasi (pasien 58 Covid-19,red),” terangnya.

Dandle menambahkan, ada tiga tingkatan status sebelum akhirnya seseorang dinyatakan positif Covid-19, yakni:

Pertama, Orang Dalam Pemantauan (ODP), yakni belum menunjukkan gejala sakit, namun sempat bepergian ke negara episentrum COVID-19 sehingga perlu dilakukan pemantauan.

Kedua, Pasien Dalam Pengawasan (PDP), yakni adalah orang yang sudah menunjukkan gejala terjangkit Covid-19, seperti mengalami demam, batuk, pilek, dan sesak napas.

Ketiga, Suspect atau terduga Covid-19, yakni  sudah menunjukkan gejala terjangkit virus, dan diduga kuat melakukan kontak dengan pasien yang positif Covid-19. (ton)

Add Comment