OD – SK Gelar Ratas Antisipasi Penyebaran Virus Corona di Sulut

foto 1
Gubernur Olly Dondokambey dan Wakil Gubernur Steven O.E. Kandouw atau OD – SK, memimpin rapat terbatas penanganan Covid-19 atau virus corona.

SULUT, (manadotoday.co.id) – Gubernur Sulawesi Utara (Sulut) Olly Dondokambey dan Wakil Gubernur Steven O.E. Kandouw atau OD – SK, menggelar rapat terbatas dengan jajaran Pemprov Sulut, menyikapi penanganan Covid-19 atau virus corona, Sabtu (14/3/2020) malam.

Siapkan Dana Rp.45 Miliar

Gubernur Olly menyatakan, Pemprov Sulut akan menyiapkan anggaran Rp.45 Miliar untuk antisipasi penyebaran virus corona di Sulut.

foto 2
Suasana rapat terbatas penanganan Covid-19 atau virus corona Pemprov Sulut.

“Persiapan dana (penanganan corona) direncanakan Rp.45 Miliar. Langkah itu akan diambil Pemprov Sulut berdasarkan Peraturan Menteri Dalam Negeri (Permendagri) RI lewat pergeseran anggaran,” ujarnya.

Siapkan Laboratorium Periksa Corona

Wabah virus corona masuk kategori status bencana nasional. Pemprov Sulut akan terus berkoordinasi dengan pemerintah pusat mengantisipasi penyebaran corona di Sulut. Menurut Olly, Pemprov Sulut segera menyiapkan laboratorium daerah untuk pemeriksaan kasus suspect corona untuk mempercepat diagnosa, sehingga bisa diambil tindakan cepat untuk penanganan.

foto 3
Gubernur Olly Dondokambey ketika diwawancarai wartawan.

“Laboratorium (pemeriksaan corona) akan kita sediakan. Rang isolasi di RSUP akan ditingkatkan menjadi 80 kamar. Kita juga akan sediakan rumah singgah seperti di Bapelkes,” terangnya.

Kabar Adanya Warga Sulut Psitif Corona

Gubernur Olly tak menampik kabar jika ada warga Sulut positif corona.

“Dua pasien sedang dalam penanganan dan ada 36 orang yang telah dilacak baik tempat tinggalnya kemudian sample darah telah dikirim ke pusat,” jelasnya, sembari mengatakan jika virus corona terus berkembang di daerah ini, pemerintah akan mengambil tindakan lockdown.

foto 4
Pengumuman daftar rumah sakit rujukan Covid-19 di Sulut.

Ajak Warga Sulut Berdoa Bersama

Gubernur Olly mengajak kepada seluruh masyarakat Sulut di manapun berada untuk berdoa agar terhindar dari Covid-19 atau virus corona.

“Kita bersatu hati berdoa, memohon kepada Tuhan Yang Maha Kuasa untuk melindungi dan meluputkan kita dari wabah Virus Corona yang sedang melanda dunia. Kita yakin dengan iman percaya, doa kita menjadi kekuatan untuk menjalani kehidupan di tengah-tengah situasi dan kondisi saat ini,” ungkapnya.

foto 5
Himbauan cegah corona untuk masyarakat Sulut.

Olly juga meminta kepada seluruh Bupati dan Wali Kota untuk mengimbau warganya agar tidak panik serta mengedukasi masyarakat terkait Virus Covid-19.

Diketahui, ratas ini dihadiri Sekdaprov Edwin Silangen, Asisten Pemerintahan dan Kesra Edison Humiang, Kadis Infokom CH Talumepa, Kadis Kesehatan dr. Debie Kalalo, Kadis Dikda dr. Grace Punuh, Kaban Keuangan Jeffry R Korengkeng, Kadis Sosial dr. Rinny Tamuntuan, Karo Umum Clay June Dondokambey, dan pejabat lainnya. (advetorial)