Antisipasi Corona, Pemprov Sulut Siapkan Dana 45 Miliar

virus corona
Gubernur Olly Dondokambey didampingi Wagub Sulut Steven O.E. Kandouw, Sekdaprov Edwin Silangen, dan pejabat Pemprov Sulut, melaksanakan rapat terbatas penanganan virus corona.

SULUT, (manadotoday.co.id) – Guna mengantisipasi penyebaran virus corona atau Covid-19 di Provinsi Sulawesi Utara (Sulut), Pemprov Sulut dibawah kepemimpinan Gubernur Olly Dondokambey dan Wakil Gubernur Steven Kandouw atau OD – SK, menyiapkan dana sebesar Rp.45 Miliar.

“Persiapan dana (penanganan corona) direncanakan Rp.45 Miliar. Langkah itu akan diambil Pemprov Sulut berdasarkan Peraturan Menteri Dalam Negeri (Permendagri) RI lewat pergeseran anggaran,” ujar Gubernur Olly Dondokambey, usai memimpin rapat terbatas mengatasi wabah Virus Corona, Sabtu (24/3/2020) tengah malam.

Menurut Olly, wabah virus corona masuk kategori status bencana nasional, oleh karena itu berbagai langkah akan dilakukan Pemprov Sulut dengan berkoordinasi bersama pemerintah pusat, guna mengantisipasi penyebaran corona di Sulut.

Pemprov Sulut Siapkan Laboratorium Periksa Corona

Olly menyatakan, Pemprov Sulut segera menyiapkan laboratorium daerah untuk pemeriksaan kasus suspect corona untuk mempercepat diagnosa, sehingga bisa diambil tindakan cepat untuk penanganan.

“Laboratorium (pemeriksaan corona) akan kita sediakan. Rang isolasi di RSUP akan ditingkatkan menjadi 80 kamar. Kita juga akan sediakan rumah singgah seperti di Bapelkes,” terangnya.

Terkait kabar adanya warga Sulut yang dinyatakan positif corona, Olly tak menampiknya.

“Dua pasien sedang dalam penanganan dan ada 36 orang yang telah dilacak baik tempat tinggalnya kemudian sample darah telah dikirim ke pusat,” jelasnya, sembari mengatakan jika virus corona terus berkembang di daerah ini, pemerintah akan mengambil tindakan lockdown.

Olly menambahkan, diharapkan kepada seluruh masyarakat Sulut di manapun berada untuk berdoa.

“Kita bersatu hati berdoa, memohon kepada Tuhan Yang Maha Kuasa untuk melindungi dan meluputkan kita dari wabah Virus Corona yang sedang melanda dunia. Kita yakin dengan iman percaya, doa kita menjadi kekuatan untuk menjalani kehidupan di tengah-tengah situasi dan kondisi saat ini,” ungkapnya.

Olly juga meminta kepada seluruh Bupati dan Wali Kota untuk mengimbau warganya agar tidak panik serta mengedukasi masyarakat terkait Virus Covid-19.

Diketahui, rapat terbatas ini turut dihadiri Wakil Gubernur Sulut Steven O.E. Kandouw, Sekdaprov Edwin Silangen, Asisten Pemerintahan dan Kesra Edison Humiang, Kadis Infokom CH Talumepa, Kadis Kesehatan dr. Debie Kalalo, Kadis Dikda dr. Grace Punuh, Kaban Keuangan Jeffry R Korengkeng, Kadis Sosial dr. Rinny Tamuntuan, Karo Umum Clay June Dondokambey, dan pejabat lainnya. (ton)

Add Comment