Dinas Kominfo Tomohon-PT Jasnita Telekomindo Teken Kerja Sama Layanan 112

JAKARTA, (manadotoday.co.id)—Peningkatan Pelayanan terhadap masyarakat terus dilakukan Pemerintah Kota (Pemkot) Tomohon di bawah kepemimpinan Wali Kota Jimmy Feidie Eman SE Ak CA. Salah satunya, ditandatanganinya Perjanjian Kerja Sama antara Dinas Komunikasi dan Informatika (Kominfo) tentang Layanan Emergency Call 112 dengan PT Jasnita Telekomindo Selasa (10/3/2020) di Jakarta.

Kadis Kominfo Tomohon Novi Politon SE MM menandatangani Perjanjian Kerja Sama
Kadis Kominfo Tomohon Novi Politon SE MM menandatangani Perjanjian Kerja Sama

Dinas Kominfo ditandatangani Kepala Dinas Novi Politon SE MM dan PT Jasnita Telekomindo Jakarta oleh Erick Pribadi selaku GM Busdev bertempat di Kantor PT Jasnita E-Trade Bulding Lt 7  Jl KH Wahid Hasyim Nomor 55 Jakarta.

Layanan Emergency (darurat) 112 adalah salah satu Program Kementerian Komunikasi dan Informatika  RI dalam membantu Pemerintah Daerah baik kota maupun kabupaten untuk menunjang terwujudnya Smart City di Kota Tomohon.

Bagi masyarakat, aplikasi ini diharapkan dapat memudahkan dalam mengakses panggilan darurat 112 untuk menangani situasi tanggap darurat seperti kebakaran, kecelakaan, tindak kriminal dan gangguan-gangguan lainnya yang sering terjadi di masyarakat. Cukup tekan 112 di smartphone secara gratis.

Saat menandatangani perjanjian kerja sama, kepala dinas didampingi Kepala Bidang Penyelenggaraan Informatika dan Persandian Nonny Petrus SS, Kepala Seksi Pengelolaan Informasi, Media Komunikasi dan Statistik Syenni YL Mait SE dan Ferly J Pangemanan STrKom.

Erick Pribadi selaku GM Busdev menandatangani Perjanjian Kerja Sama
Erick Pribadi selaku GM Busdev menandatangani Perjanjian Kerja Sama

‘’Sudah banyak yang terbantu dengan layanan 112 sejak diaktifkan. Bencana kebakaran, kecelakaan lalulintas maupun gangguan Kamtibmas sudah pernah masuk dalam layanan 112,’’ ujar Politon.

Kendati begitu lanjutnya, masih ada saja masyarakat yang iseng atau main-main dengan layanan tersebut. Untuk itu, ia meminta agar masyarakat tidak menggunakan layanan 112 untuk main-main.

Masyarakat pun menyatakan terima kasihnya atas layanan 112 yang telah diaktifkan oleh Pemerintah Kota Tomohon melalui Command Center di Dinas Komunikasi dan Informatika.

‘’Ini snagat memudahkan kami masyarakat. Jika ada masalah, tinggal tekan 112,’’ ujar Lefrand K Manopo dan Royke Servie Kaparang. (ark)