Kementerian Kominfo Evaluasi Implementasi Program Smart City Tomohon

Tinjauan lapangan mengevaluasi implementasi program smart city dalam Gerakan Menuju 100 Smart City tahun 2020 di Kota Tomohon.
Tinjauan lapangan mengevaluasi implementasi program smart city dalam Gerakan Menuju 100 Smart City tahun 2020 di Kota Tomohon.

TOMOHON, (manadotoday.co.id)—Kementerian Komunikasi dan Informatika RI selang 3-4 Maret 2020 melakukan peninjauan lapangan dalam rangka mengevaluasi implementasi program smart city dalam Gerakan Menuju 100 Smart City tahun 2020 di Kota Tomohon.

Kegiatan yang dilaksanakan di Wise Hotel Kelurahan Kamasi Tomohon Tengah tersebut dihadiri tim pembimbing smart city dari Kementerian Komunikasi dan Informatika RI Hari Kusdaryanto dan Hari Nugroho.

Wali Kota Tomohon Jimmy Feidie Eman SE Ak CA diwakili Sekretaris Daerah Kota Tomohon Ir Harold V Lolowang MSc MTh saat membuka kegiatan mengatakan, dalam melakukan pemeriksaan, tim pembimbing Kementerian Kominfo akan didampingi Pemerintah Kota Tomohon.

‘’Pembangunan berbasis smart city telah menjadi tren pembangunan kota di dunia dan sudah menjadi keharusan. Ini tidak hanya sekadar mengedepankan efisiensi birokrasi namun juga membangun masyarakat yang memanfaatkan teknologi secara tepat guna,’’ ujar Lolowang.

Kegiatan itu sendiri dimaksudkan agar dapat memberikan penjelasan tentang tata cara evaluasi smart city, manajemen risiko dasar untuk program atau kegiatan smart city, melakukan evaluasi terhadap dampak program tau kegiatan smart city, melalukan peninjauan lapangan program atau kegiatan smart city dan juga memberikan rekomendasi perbaikan terhadap pelaksanaan program atau kegiatan smart city.

Lolowang sendiri pada kegiatan tersebut memberikan materi tentang ‘’Optimalisasi Kapabilitas dan Performa Aspek Smart City’’. Tampil juga sebagai narasumber tim pembimbing Smart City dari Kementerian Komunikasi dan Informatika RI Hari Kusdaryanto dan Hari Nugroho.

Hadir juga  Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Daerah Kota Tomohon Novi Politon SE MM, para kepala perangkat daerah, utusan perangkat daerah dan para lurah se- Kota Tomohon. (ark)