Diperingatkan BMKG, Eman Imbau Warga Tomohon Waspadai Cuaca 2-4 Maret

Wali Kota Tomohon Jimmy Feidie Eman SE Ak CA
Wali Kota Tomohon Jimmy Feidie Eman SE Ak CA

TOMOHON, (manadotoday.co.id)—Peringatan dini dari Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) tentang Cuaca Ekstrim 2-4 Maret 2020, membuat Pemerintah Kota Tomohon waspada. Wali Kota Jimmy Feidie Eman SE Ak CA mengimbau warga agar waspada.

‘’Kalau tidak ada keperluan mendesak dan penting, sebaiknya tetap berada di rumah. Jangan bepergian dengan kendaraan baik roda dua maupun roda empat jika tidak mendesak, untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan,’’ ujar wali kota Senin (2/3/2020).

Masyarakat yang tinggal di daerah tebing yang rawan longsor lanjut Eman, jangan lengah dan tetap mewaspadai segala kemungkinan yang mungkin terjadi.

‘’Jangan membuah sampah sembarangan, karena itu bisa menjadi pemicu banjir atau longsor denan tersumbatnya saluran air,’’ tukas wali kota.

Diketahui, BMKG memberikan peringatan tentang cuaca 2-2 Maret 2020 karena adanya tekanan rendah di Samudera Hindia bagian selatan perairan Indonesia dan Sirkulasi Eddy di wilayah Maluku yang  menyebabkan terjadinya pola angin shearline (belokan angin) di wilayah Sulawesi Utara sehingga berpotensi hujan sedang hingga lebat yang dapat disertai petir dan angin kencang di sebagian wilayah Sulawesi Utara.

Tanggal 2 Maret 2020 hujan sedang hingga lebat yang dapat disertai petir dan angin kencang berpotensi terjadi di wilayah Manado, Bitung, Tomohon, Kotamobagu, Minahasa, Minahasa Utara, Minahasa Tenggara, Minahasa Selatan, Bolaang Mongondow Timur dan Bolaang Mongondow Selatan.

3 Maret 2020 hujan sedang hingga lebat yang dapat disertai petir dan angin kencang berpotensi terjadi di wilayah Manado, Tomohon, Kotamobagu, Minahasa, Minahasa Tenggara, Minahasa Selatan, Bolaang Mongondow dan Bolaang Mongondow Selatan.

4 Maret 2020 hujan sedang hingga lebat yang dapat disertai petir dan angin kencang berpotensi terjadi di wilayah Manado, Tomohon, Minahasa, Minahasa Utara, Minahasa Tenggara, Minahasa Selatan, Bolaang Mongondow, Bolaang Mongondow Timur, Bolaang Mongondow Utara  dan Bolaang Mongondow Selatan. (ark)